Jembatan Rapuh Gutok-Cagat Diperbaiki Warga Ansiap Bergotong Royong

  • Bagikan
Pemerintah Desa, BPD dan Masyarakat Ansiap saat bergotong royong memperbaiki jembatan Gutok-Cagat yang rusak agar mudah dan aman dilalui, termasuk untuk mobilitas kegiatan vaksinasi, Rabu (12/1/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Budaya gotong royong masih terjaga di kehidupan masyarakat Desa Ansiap, Kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mempawah.

Seperti yang terlihat dalam kegiatan perbaikan jembatan penghubung utama Jalan Gutok-Cagat yang dilakukan secara gotong royong oleh puluhan warga setempat, Rabu (12/1/2022).

“Aksi spontan itu dilakukan warga juga dalam rangka mendukung mobilitas kegiatan vaksinasi COVID-19 di Desa Ansiap, Rabu, 12 Januari 2022,” ujar Ketua BPD Ansiap, Yulianto, Jumat (14/1/2022).

Ia mengungkapkan, selama memperbaiki jembatan suasana kebersamaan terasa kental, sesekali terdengar canda tawa di sela bekerja.

Warga secara sukarela ikut menyumbang sesuai kemampuan. Bagi yang punya tenaga dan keahlian bisa membantu pengerjaan. Sementara yang punya uang kebagian tugas belanja kayu dan peralatan lainnya.

“Puji Tuhan ini adalah sebuah tradisi dan semangat yang harus tetap terjaga. Gotong royong adalah budaya bangsa kita, harus dipertahankan,” katanya.

Kepala Desa Ansiap, Imanuel Yoki, menambahkan, gotong royong adalah buah dari rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya. Hal itu merupakan aset besar bagi kemajuan sebuah daerah.

“Kepedulian masyarakat yang disandingkan dengan kepedulian pemerintah akan membuat setiap program pembangunan berjalan dengan maksimal,” ujarnya.

Seperti diketahui, usia jembatan yang rusak diperkirakan berumur 6-7 Tahun. Bilah-bilah kayunya sudah rapuh dan membahayakan, perlu diperbaiki dan diganti baru.

Keberadaan jembatan juga sangat vital. Karena menjadi jalur utama penunjang kelancaran aktivitas ekonomi, pertanian, perkebunan, dan urusan penting lainnya.

“Kami sudah ajukan perbaikan pemerintah daerah. Kami berharap jembatan ini dibangun permanen, mudah-mudahan bisa segera direalisasikan,” ungkap Imanuel Yoki.

Ia pun berharap kebersamaan antara masyarakat terus terbangun dengan baik. Agar bisa menjadikan desa yang bagus dan mempunyai SDM yang baik.

“Saya bersyukur semangat gotong royong masyarakat dan para tokoh Desa Ansiap masih melekat. Semoga kebersamaan ini terus terjalin dengan baik,” pungkasnya.

  • Bagikan