Awal 2022, Pelintas Batas dari Malaysia di PLBN Entikong Terpantau Sepi

Seorang pelintas batas dari Sarawak, Malaysia, jalani tes usap untuk memastikan tidak terkonfirmasi COVID-19 di PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Agus Alfian

Entikong (Suarakalbar) – Awal tahun 2022 ini, pelintas batas, khususnya kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Sarawak melalui PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, terpantau sepi.

“Sejak akhir tahun 2021 sampai di awal tahun 2022 sepi pelintas batas. Dalam satu hari pelintas khususnya PMI paling banyak 16 orang,” ungkap Supervisor Imigrasi di PLBN Entikong, Enrico, Senin (3/1/2022).

Di Pos Lintas Batas Negara itu hanya petugas yang tetap masuk seperti biasa untuk memberikan pelayanan bagi PMI.

Enrico memperkirakan, pada minggu kedua di awal tahun 2022 nanti, baru ada peningkatan kepulangan PMI.

Sementara itu, Dokter Umum KKP Entikong, Gilda Ditya Asmara, mengatakan pihaknya tetap melakukan pemeriksaan secara ketat bagi PMI yang tiba dari Malaysia.

Pemeriksaan antara lain tes PCR untuk memastikan PMI dalam kondisi sehat dan tidak terpapar COVID-19.

“Tetap kami perketat pemeriksaan bagi PMI untuk mencegah masuknya varian baru yakni Omicron,” tegasnya.

PMI juga wajib menjalani karantina selama 3 hari bagi yang sudah lengkap vaksin dan 5 hari bagi yang belum mendapatkan vaksin.

“Sedangkan bagi PMI yang terkonfirmasi COVID-19 harus menjalani isolasi 14 hari dengan pengawasan ketat satgas di sini,”pungkasnya.