Sambas  

DPRD Sambas Kunjungi DPRD Singkawang

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas melakukan kunjungan kerja ke Dewan Perwakilan Kota Singkawang, Kamis (23/12/2021).

Sambas (Suara Kalbar)- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas melakukan kunjungan kerja ke Dewan Perwakilan Kota Singkawang, Kamis (23/12/2021).

Kunjungan kerja itu dipimpin langsung Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Syolihin didampingi para Ketua Komisi DPRD. Rombongan Wakil Rakyat tersebut terdiri dari Anggota DPRD Kabupaten Sambas dari beberapa Komisi.
Diantaranya Komisi I dengan urusan Pemerintahan dan Hukum, Komisi II terkait perekonomian dan keuangan dan komisi III dengan urusan pembangunan.

Adapun maksud dan tujuan Kunjungan Kerja tersebut dalam rangka memperoleh informasi, saran dan masukan mengenai sinergitas dan pengawasan produk hukum daerah, mekanisme dan teknis pelaksanaan reses, tunjangan pimpinan dan anggota DPRD dan Fungsi Penganggaran, Pengawasan terhadap mitra Komisi di DPRD Kota Singkawang.

Rombongan DPRD Kabupaten Sambas disambut langsung Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang Sumberanto Tjitra dan ASN Sekretariat DPRD Kota Singkawang. Pertemuan berlangsung hangat, tampak rombongan tamu dan tuan rumah berdialog dengan suasana kekeluargaan.

“Alhamdulillah, kita disambut hangat oleh DPRD Kota Singkawang, karena pada dasarnya, Sambas, Singkawang dan Bengkayang, dulunya adalah satu kesatuan Sambas. Tentunya histori ini yang membuat pertemuan dalam kunjungan kerja kali ini tetap seperi berada dirumah sendiri,” ujar Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas Ferdinan Syolihin.

Dikemukakan Legislator PDI Perjuangan ini, kunker dimaksud sebagai bagian dari silaturahim DPRD Kabupaten Sambas dengan DPRD Kota Singkawang.Menurut dia, komunikasi dalam bentuk kunker ini memiliki fungsi yang strategis.

“Kunjungan kerja ini sebagai langkah atau upaya kita untuk mendapatkan tambahan informasi, masukan, bagaimana kedepannya, lembaga legislatif di Kab Sambas, semakin maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Tentunya, tambahan informasi, masukan dari legislatif DPRD Kota Singkawang sangat penting. Apalagi kita punya histori yang sama, tentunya apa yang yang menjadi program dan kegiatan yang baik di DPRD Kota Singkawang, setidaknya bisa kita reaplikasi di DPRD Kabupaten Sambas,” kata Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas.

Lerry Kurniawan Figo, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas pada momentum silaturahim kunker itu, meminta gambaran terkait kinerja DPRD Kota Singkawang mengenai sinergitas dan pengawasan produk hukum daerah. Hal lain yang digali Legislator Partai Nasdem ini yaitu mengenai mekanisme dan teknis pelaksanaan reses.

“Sangat penting informasi-informasi yang kita dapat dari kunjungan kerja terutama ke lembaga yang sama, yakni DPRD baik kota maupun kabupaten lain. Tujuannya apa, agar apa yang baik dan bermanfaat yang telah diprogramkan, dijalankan oleh legislatif daerah lain, dapat kita aplikasikan juga didaerah kita. Tentunya kami di lembaga wakil rakyat daerah Kab Sambas, berkomitmen memberikan yang terbaik buat Masyarakat dan Daerah Kab Sambas melalui fungsi kami sebagai lembaga legislatif,” jelasnya.

Sumberanto Tjitra, Wakill Ketua I DPRD Kota Singkawang, dalam sambutannya, menyambut hangat kedatangan Rombongan Kunker DPRD Kabupaten Sambas ke DPRD Kota Singkawang.

Menurut dia, kunjungan itu sebagai bentuk silaturahmi yang harus selalu terjaga dengan baik. Ditambahkan Sumberanto, momentum pertemuan itu, tidak hanya berdampak baik bagi DPRD Kabupaten Sambas, tetapi juga untuk DPRD Kota Singkawang. Karena dijelaskan dia, melalui pertemuan itu, terjadi saling tukar informasi mengenai fungsi dan tugas sebagai wakil rakyat.

Penulis: Humas DPRD Sambas / ZulfianEditor: Suhendra