Dua Poktan di Mempawah Terima Bantuan Kementerian Pertanian RI

BANTUAN PUSAT. Bupati Mempawah, Erlina, didampingi Kabid Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalbar bersama para penerima bantuan Kementan RI, Rabu (10/11/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Prokopim Mempawah.

Mempawah (Suara Kalbar) – Pembangunan sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Mempawah, mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI).

Melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Mempawah menerima dua paket bantuan dari Kementan RI.

Yaitu program pengembangan irigasi perpompaan menengah wilayah tengah sebanyak 1 unit kepada Kelompok Tani Makmur I di Desa Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh.

Kemudian bantuan kegiatan pengembangan ternak unggas dan aneka ternak, berupa babi sebanyak 18 ekor dan pakan 1.440 kilogram yang diberikan kepada Kelompok Tani Betol Jaya Desa Pak Laheng, Kecamatan Toho.

Bantuan diberikan untuk mendukung komoditas ternak, berupa penyediaan air untuk kebutuhan ternak dan hijauannya, serta untuk meningkatkan populasi ternak di Kabupaten Mempawah.

Secara simbolis bantuan tersebut diterima Bupati Mempawah, Erlina dari Kabid Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalbar, Nanik Sukarsih, Desa Peniraman, Rabu (10/11/2021).

Nanik Sukarsih mengatakan bantuan ini difokuskan untuk membantu para kelompok tani. Ia juga berharap bantuan ternak yang diberikan dapat dipelihara dan memberikan manfaat yang berkelanjutan.

Bupati Erlina atas nama Pemkab Mempawah mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Kementan RI.

Ia berharap bantuan tersebut dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan memberi manfaat maksimal.

“Tolong setelah menerima bantuan ini, saya minta petani atau peternak dapat mengembangkan ternak supaya menghasilkan bibit-bibit yang berkualitas,” ucapnya dihadapan para kelompok tani penerima bantuan.

Apalagi, imbuh dia, Kabupaten Mempawah dinilai sebagai salah satu penyanggah potensi peternakan di Kalbar dan berpotensi meningkatkan populasi dan produksi ternak dalam usaha perbaikan mutu gizi masyarakat, mendorong diversifikasi pangan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mengakhiri sambutannya, Erlina tidak lupa memberi arahan kepada para peternak untuk menjaga ternak, sehingga tidak meresahkan penduduk.

Ia juga menyemangati para kelompok tani untuk terus meningkatkan hasil pertanian maupun peternakan di Kabupaten Mempawah.

Tidak kalah penting, Erlina kembali mengajak kepada masyarakat tani untuk melaksanakan vaksinasi, sehingga dapat dengan aman dan nyaman melaksanakan kegiatan pertanian maupun peternakan.

Usai menyerahkan secara simbolis bantuan kepada para kelompok tani penerima, Erlina serta pihak terkait lainnya meninjau PSP (Prasarana dan Sarana Pertanian) yang berlokasi tidak jauh dari tempat penyerahan bantuan.

Turut hadir Camat Toho Ferdinanda dan Camat Sungai Pinyuh Ibrahim, Kepala Desa Peniraman Sudi, Kepala Desa Pak Laheng Bahana, serta masyarakat sekitar.