Vaksinasi Demi Keselamatan Anak Didik, Sungai Kunyit Gencarkan Sosialisasi di Sekolah

VAKSINASI PELAJAR. Kapolsek Sungai Kunyit, Iptu Joni, dan jajaran Satgas COVID-19 Sungai Kunyit saat menggelar sosialisasi terhadap 80 orangtua siswa agar mendukung program vaksinasi pelajar di Aula SMAN 1 Sungai Kunyit, Sabtu (16/10/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Sosialisasi vaksinasi COVID-19 terus dilakukan di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

Kali ini sasarannya adalah para orangtua siswa yang anaknya mengenyam pendidikan di SMAN 1 Sungai Kunyit.

Sosialisasi terhadap 80 orangtua siswa dilakukan Polsek Sungai Kunyit bersama unsur Satgas COVID-19 di Aula SMAN 1 Sungai Kunyit, Sabtu (16/10/2021).

Dalam sosialisasi tersebut, para orangtua siswa diminta ikut berperan aktif menyukseskan program vaksinasi dalam upaya menanggulangi pandemi COVID-19.

“Karena dengan vaksinasi, anak-anak dapat terlindungi dari paparan COVID-19. Jangan sampai anak-anak kita menjadi korban,” kata Kapolsek Sungai Kunyit, Iptu Joni.

Kapolsek meminta para orangtua agar tidak takut jika anak-anaknya menjalani vaksinasi. Karena selain aman, vaksin juga halal.

“Untuk itu, jangan lagi ragu untuk mengizinkan anak-anak kita untuk divaksin,” katanya.

Ajakan Kapolsek agar anak-anak divaksin, bukan tanpa alasan. Karena hampir 260 ribu kasus terkonfirmasi COVID-19 merupakan anak usia 0-18 tahun.

Dari jumlah itu, lebih dari 108 ribu kasus berada di rentang usia 12-17 tahun.

Tercatat sampai saat ini sudah lebih dari 600 anak usia 0-18 tahun meninggal karena paparan COVID-19, dan 197 anak di antaranya berusia 12-17 tahun.

“Mengingat meluasnya penyebaran virus ini terhadap anak, maka mereka perlu untuk mendapatkan vaksinasi,” ungkap dia.

Kapolsek menambahkan, ajakan vaksinasi kepada anak-anak usia sekolah juga sudah disampaikan Bupati Mempawah melalui Surat Nomor: 423.2/5503/Dikporapar-A yang ditujukan kepada seluruh kepala sekolah SMP dan SMA sederajat.

“Dalam surat tersebut, Bupati meminta agar sekolah-sekolah melaksanakan program vaksinasi sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan peserta didik SMP dan SMA sederajat,” ujar dia.

Lebih lanjut Joni meminta para orangtua siswa agar tidak mudah percaya terhadap informasi-informasi hoaks yang ada media sosial, terkait COVID-19 maupun vaksinasi.

“Carilah sumber-sumber informasi maupun literasi yang terjamin kebenarannya, bisa tanyakan ke kami ataupun tenaga kesehatan yang ada di daerah kita,” katanya.

Melalui sosialisasi ini, Kapolsek berharap dapat meningkatkan peran dan dukungan orangtua siswa serta masyarakat, agar proses vaksinasi yang sedang dilakukan dapat berjalan lancar.

“Mari kita saling bahu-membahu membantu pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Mempawah,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Sungai Kunyit, M.Erfiza, Danramil 1201-04 Sungai Kunyit diwakili Pelda Zainal Abidin, Kepala Puskesmas Rawat Jalan Sungai Kunyit, dr. Rizkia Aulia, serta Kepala SMAN 1 Sungai Kunyit, Ismail.