Anggota Bawaslu RI Hadiri Dialog Pemilu Partisipatif di Singkawang

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin saat memberikan sambutan pada Dialog Pemilu Partisipatif yang digelar Bawaslu Kalbar di Mahkota Hotel Singkawang, Jumat (8/10/2021) malam. SUARAKALBAR.CO.ID/ Hendra

Singkawang (Suara Kalbar)- Bawaslu Kalbar menyelenggarakan dialog Pemilu Partisipatif dengan tantangan penyelenggaraan dan pengawasan partisipatif masyarakat pada Pemilu serentak 2024 dalam perpekstif Pemilu di Mahkota Hotel Singkawang , Jumat (8/10/2021) malam.

Dalam dialog tersebut hadir diantaranya Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, Anggota KPU RI Viryan Aziz dan Anggota Komisi II DPR RI Cornelis, Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah dan para anggota serta para peserta Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif.

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengatakan bahwa saat ini masih dilakukan pembahasan terkait Pemilu dan partipasi masyarakat terhadap pengawasan Pemilu sudah sangat antusias.

“Salah satu indikatornya peminat SKPP tinggi banyak orang ingin menjadi bagian dari pengawas, bagaimana bisa bekerjasama semua pihak bagaimana itu pengawasan dan terlibat,” katanya.

Dia berharap Bawaslu bisa mengembangkan semua inovasi untuk bekerja sama dengan melibatkan semua pihak, kelompok milineal, tokoh adat dan tokoh masyarakat, tokoh agama serta media.

Anggota KPU RI Viryan Aziz mengatakan saat ini KPU bersama Bawaslu sedang membahas waktu pemungutan suara dan sedang dimatangkan terkait opsi-opsi yang ada.

“KPU terus melakukan rapat bersama pemerintah dan juga parlemen yang sudah ditetapkan Pemilu 2024,” ujarnya.
Anggota Komisi II DPR RI Cornelis mengatakan Pemilu memang harus dilaksanakan karena anggarannya masuk dalam APBN, sehingga penyelenggaranya harus serius dan maksimal dalam penyelenggaraannya.