29 Atlet PON Terpapar Covid-19, Ini Penjelasan Satgas

  • Bagikan
ilustrasi covid-19 (Foto:Suara.com)

Suara Kalbar – Sebanyak 29 atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dilaporkan terpapar virus Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan,atlet covid-19 sudahilustrasi covid-19 ( diisolasi agar tidak menulari orang lain di arena PON XX Papua.

“Saat ini penanganan kesehatan tetap dilakukan sesuai pedoman yang disusun sebelum PON XX dimulai yaitu dengan segera memobilisasi kasus positif untuk isolasi/perawatan,” kata Wiku Adisasmito ditulis Kamis (7/10/2021).

Nanti kata dia, mereka yang positif juga diwajibkan melakukan karantina setibanya di daerah asal untuk memastikan tidak membawa virus ke daerah asal.

“Panitia terus memperketat skrining kesehatan dan segera pemerintah akan mempersiapkan mekanisme kepulangan partisipan acara untuk menjamin tidak membawa virus ke daerah asal,” jelasnya.Sebelumnya, 29 orang terdiri dari atlet, official, dan panitia PON XX Papua terdeteksi positif Covid-19, kasus tersebar di empat lokasi penyelenggaraan yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika.

“Ke-29 kasus tersebut terdiri dari Kabupaten Mimika 13 kasus, Kabupaten Jayapura tujuh kasus, Kota Jayapura enam kasus dan Kabupaten Merauke tiga kasus,” ujar Juru bicara Satgas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule, Selasa (5/10/2021) malam.

Dia menyebut , para atlet itu ada yang  tidak bergejala hingga bergejala ringan berkat sudah divaksin, sehingga dalam kondisi yang baik di tempat isolasi terpusat di kota masing-masing.

 

 

 

 

Penulis: Suara.comEditor: Enisa
  • Bagikan