Vaksinasi 282 Pelajar di SMAN 1 Sungai Pinyuh, Ajang Perpisahan dengan dr Riska Susanti

VAKSINASI PELAJAR. Vaksinasi dosis pertama dan kedua di SMAN 1 Sungai Pinyuh yang berlangsung tertib dan lancar, Rabu (29/9/2021). Sebanyak 282 pelajar ikut serta dalam kegiatan ini. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Vaksinasi massal bagi kalangan pelajar kembali digelar Satgas COVID-19 di SMAN 1 Sungai Pinyuh, Rabu (29/9/2021).

Kegiatan ini juga turut diwarnai rasa haru, sebab menjadi tugas dan tanggung jawab jabatan yang terakhir Kepala Puskesmas Sungai Pinyuh, dr. Riska Susanti.

Sejak Senin (27/9/2021) lalu, Riska Susanti telah mendapat amanah jabatan baru sebagai Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr. Rubini Mempawah.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kapolsek Sungai Pinyuh, AKP Anne Tria Sefyna, menjelaskan, vaksinasi pelajar yang berlangsung SMAN 1 Sungai Pinyuh ini berlangsung tertib dan lancar.

“Ada 282 orang yang ikut serta, terdiri atas pelajar SMAN 1 Sungai Pinyuh dan SMAS Amkur Sungai Pinyuh. Kita mengapresiasi, karena mereka sangat antusias divaksinasi, baik dosis pertama maupun kedua,” jelas Anne.

Untuk menyukseskan vaksinasi ini, tambah Anne, Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh menurunkan 20 tenaga kesehatan, yang meliputi 10 orang tim vaksinator dan 10 orang lain sebagai tim skrining masalah kesehatan remaja.

Anne berharap, pemberian kekebalan komunal di kalangan pelajar ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang, sebagai upaya mempercepat capaian target vaksinasi 70 persen masyarakat Kabupaten Mempawah.

“Dengan demikian, vaksinasi di kalangan pelajar ini juga menjadi cara yang aman dalam proses belajar tatap muka di sekolah,” tutup AKP Anne Tria Sefyna.

Kepala Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh, dr. Riska Susanti, membenarkan bahwa pada hari itu merupakan kegiatan vaksinasi yang terakhir dia laksanakan, sebelum bertugas di tempat yang baru.

“Selanjutnya saya akan melaksanakan tugas di tempat yang baru sebagai Kabid Pelayanan RSUD dr. Rubini Mempawah,” ungkapnya.

Ia turut bersyukur, 282 pelajar yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua di SMAN 1 Sungai Pinyuh tidak ditemukan adanya kendala dan kejadian yang menonjol.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Polsek Sungai Pinyuh dan Koramil Sungai Pinyuh yang selama ini selalu hadir memberikan pendampingan dan pengamanan dalam setiap kegiatan vaksinasi,” ucap Riska Susanti.

Ia selanjutnya berharap, upaya penanganan COVID-19 dan kegiaan vaksinasi di Sungai Pinyuh terus berlanjut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Vaksinasi terbukti efektif mencegah terjadinya penyebaran virus COVID-19. Dan saya tegaskan, vaksin yang dipergunakan telah teruji secara klinis, yakni aman, sehat dan halal,” imbuh dr. Riska Susanti.