Tumbuhkan Kebersamaan, Gerai Presisi Vaksinasi di Jongkat Digelar dari Rumah ke Rumah

ANTUSIAS DIVAKSINASI. Inovasi Gerai Presisi Polsek Siantan, Polres Mempawah, yang menggelar vaksinasi bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Jongkat dari rumah ke rumah untuk menumbuhkan kebersamaan dan kepedulian warga terhadap upaya pencegahan virus Corona, Kamis (2/9/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/Distra

Mempawah (Suara Kalbar) – Hari demi hari, jumlah partisipasi masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Jongkat meningkat signifikan.

Tidak saja karena kekompakan antar unsur Satgas Covid-19, tapi juga tumbuhnya kebersamaan di masyarakat dengan cara menggelar vaksinasi dari rumah ke rumah.

Hingga hari ini saja, Kamis (2/9/2021), tercatat sudah 5.539 orang yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Dan hebatnya, sebanyak 2.717 orang telah melaksanakan vaksinasi dosis kedua, dan booster tenaga kesehatan sebanyak 40 orang.

Tingginya capaian angka vaksinasi masyarakat di Jongkat, diakui Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono.

Kepada SUARAKALBAR.CO.ID, Rahmad Kartono mengatakan, pelaksanaan Gerai Presisi Polsek Siantan dengan titik vaksinasi dari rumah ke rumah, merupakan upaya inovasi untuk menumbuhkan kebersamaan di masyarakat.

“Kami ingin tiap-tiap masyarakat memiliki rasa tanggung jawab bersama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan masing-masing. Salah satunya, dengan menggelar vaksinasi dari rumah ke rumah,” katanya.

Pertimbangan lainnya adalah, pelaksanaan vaksinasi di rumah-rumah warga akan memberikan suasana baru, sehingga isu-isu kontraproduktif tentang vaksinasi, maupun ketakutan akan jarum suntik bisa memudar.

Dan tak kalah penting, tingginya partisipasi masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua, tak lepas dari dukungan maupun kerjasama yang erat antar unsur Satgas Covid-19 di Kecamatan Jongkat.

“Kami selama ini punya komitmen dan persepsi yang sama terkait percepatan pelaksanaan program vaksinasi. Dengan sejumlah inovasi, vaksinasi harus sukses di Kecamatan Jongkat,” ungkap Rahmad Kartono lagi.

Misalnya saja, pada vaksinasi di titik rumah warga, tepatnya di kediaman Sudirman, Jalan Parit H. Hasan, Gang Amin, RT. 001/RW. 008, Dusun Alianyang, Desa Jungkat, yang berlangsung pada hari ini, Kamis (2/9/2021).

Sebanyak 34 orang telah mendapatkan vaksinasi, dengan rincian 21 orang dosis pertama dan 13 orang dosis kedua.

Bertindak sebagai tim vaksinator adalah Tenaga Kesehatan Puskesmas Rawat Inap Jungkat yang berjumlah lima orang.

“Atas partisipasi masyarakat yang terus meningkat, kami mengucapkan terima kasih. Dan jangan lupa, meski telah divaksin, tetap menjaga protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari,” pungkas Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono.

 

Bangga Jadi Titik Vaksinasi

Sementara itu, sang tuan rumah, Sudirman, mengatakan, dirinya dan keluarga merasa berbangga hati bisa dipercaya untuk menjadi titik lokasi vaksinasi warga di Desa Jungkat.

“Ini suatu kehormatan bagi kami sekeluarga, karena kediaman kami menjadi lokasi vaksinasi. Semoga apa yang kami perbuat ini dapat memberi peran dalam upaya kita bersama mempercepat penuntasan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sudirman selanjutnya juga mengajak kepada masyarakat yang belum divaksinasi, agar segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan kekebalan komunal.

“Insya Allah, vaksinasi ini aman dan halal, sebab telah disetujui melalui Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan BPOM RI,” imbuh Sudiman.