Polres Mempawah Perkuat Pokdar Kamtibmas Tiga Kecamatan untuk Cegah Karhutla

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, pada Asistensi Kelompok Sadar Kamtibmas yang berlangsung di Wisma Chandramidi Mempawah, Kamis (23/9/2021) pagi. SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Mempawah Hilir, Mempawah Timur dan Sungai Kunyit mendapat asistensi dari Polres Mempawah, Kamis (23/9/2021) pagi.

Asistensi diberikan untuk memperkuat Pokdar Kamtibmas setempat dalam pencegahan, serta penanganan dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla), termasuk tangkal penyebaran COVID-19 di era pandemi.

Berlangsung di Wisma Chandramidi Mempawah, kegiatan asistensi dihadiri para kapolsek, kepala desa/lurah, serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat di tiga kecamatan.

Sementara bertindak sebagai narasumber yakni Staf BPBD Mempawah, Iswandi, UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Mempawah, Arief Suwandono, Kasat Binmas Iptu Djamaluddin, dan Kanit Tipiter Satreskrim Polres Mempawah, Ipda Hasan Abdullah.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, yang membuka asistensi itu menegaskan soal tingkat kerawanan karhutla di Kabupaten Mempawah, khususnya di kawasan lahan gambut.

Karena itu, ia berharap perlu sinergisitas antara masyarakat dengan instansi terkait untuk mencegah segala potensi karhutla, khususnya di masa pandemi COVID-19.

“Upaya pencegahan dan penanggulangan dampak karhutla ini mesti kita lakukan secara terpadu, efektif dan berkesinambungan meski saat ini di tengah keterbatasan karena pandemi,” ujarnya.

Nah, mengingat begitu besar dampak merugikan karena karhutla ini, maka Kapolres Fauzan Sukmawansyah mengajak Pokdar Kamtibmas dapat menjadi salah satu pelopor memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Salah satu edukasi yang dapat disampaikan ke masyarakat maupun petani adalah tidak membakar lahan dengan cara dibakar dan lain sebagainya,” imbuh dia.

Selain itu, Pokdar Kamtibmas juga diharapkan dapat memberikan contoh dan teladan yang baik dalam disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi guna memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Diseases 2019.

Kapolres selanjutnya memberi kabar melegakan terkait kasus COVID-19 yang sudah mulai menuju tahap kondusif, terkendali dan menurun.

“Namun saya mengingatkan, Pokdar Kamtibmas hendaknya dapat berperan mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap disiplin menjaga prokes dan mengikuti vaksinasi guna menjaga imunitas tubuh,” imbuhnya.

Terlebih, persentase masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi di Kabupaten Mempawah masih terhitung rendah.

Karena itu, Kapolres berharap, program vaksinasi ini perlu didorong lagi sehingga angka partisipasi semakin meningkat.