KONI Kalbar Bangga Atas Prestasi Hapkido Kalbar

Koni Kalbar nyatakan kebanggaannya atas hasil yang diraih Tim Kalbar. SUARAKALBAR.CO.ID/Istimewa

Papua (Suara Kalbar) – KONI Kalbar melalui Pimpinan Kontingen (CDM) Sarpanidi Jayapura mengungkapan kebanggaannya atas raihan prestasi Hapkido Kalbar meski dalam PON XX Papua ini masih eksebishi.

“Tim Kalbar pada Cabor Hapkido yang menjadi salah satu dari 11 Cabor Eksibisi, berhasil masuk pada jajaran enam besar. Posisi ini didapat usai pertandingan terakhir dengan meraih satu Medali Emas dan satu Medali Perunggu,” jelas Sarpani.

Sebagai juara umum adalah Tim Kontingen Lampung, yng meraih empat Medali Emas dan satu Medali Perak. Cabor Beladiri Hapkido berlangsung di Hotel Suni Garden Lake, kawasan Sentani Kabupaten Jayapura, 24- 25 September 2021.

Sementara tiga besar Cabor Hapkido, yakni DIY menempati urutan kedua dengan meraih tiga medali emas, satu medali perak, dan tiga perunggu. Dan urutan ketiga ditempati Sumatera Barat dengan satu emas, dua perak, dan satu perunggu. Cabang olahraga hapkido sendiri diikuti 15 provinsi

Ada 100 ATLET HAPKIDO berasal dari 15 provinsi yakni Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Papua.

Ada 16 kelas yang diperlombakan, terbagi dalam 8 kelas putra dan 8 kelas putri, dengan pola bertanding 5 atliet dalam satu kelas yang dipertandingkan, dengan memperebutkan 16 medali emas, 16 medali perak, dan 32 perunggu.

Sedangkan Tim Hapkido Kalbar dalam Eksebisi PON XX Papua 2021 menurunkan Sandia Arum yang meraih Medali Emas Nomor Daeryun Putra Kelas Under 54. Kedua adalah Anisa Puspita Sari Medali Perunggu Nomor Daeyun Putri Kelas Under 72 Kg.

Sementara Tim Official di antaranya adalah Herianto H. Rifa’i sebagai Manager, Rusli sebagai Head Coach, dan Sin Sang, Coach. Selain Sandia dan Anisa ada Livia Marvella, Muhammad Fadel Hidayat, dan Dewa. (*)

Penulis: Tim Liputan/rEditor: Dina Prihatini Wardoyo