News  

Dampingi Kunker Panglima TNI dan Kapolri di Provinsi Kalbar, Gubernur: Pantau Covid-19 di Kalbar

Gubernur Kalbar Sutarnidji saat mendampingi Kunjungan Kerja Panglima TNI Marsekal TNI. Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo ke Provinsi Kalbar. SUARAKALBAR.CO.ID/Adpim Kalbar

Pontianak (Suara Kalbar) – Peninjauan pertama Gubernur Kalbar bersama Panglima TNI dan Kapolri ke tempat serbuan vaksinasi massal yang berada di pusat perbelanjaan ternama di Kota Pontianak Jalan Ahmad Yani, dilakukan  Sutarmidji bersama Pangdam XII/ Tanjungpura dan Kapolda Kalbar dalam rangka Kunjungan Kerja Panglima TNI Marsekal TNI. Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo ke Provinsi Kalbar, Rabu (8/9/2021).

Dalam kunjungan kerja ini, Panglima TNI dan Kapolri meninjau dua tempat serbuan vaksinasi massal Covid-19 di Kalbar dan peninjauan kedua di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Pontianak.

“Hari ini saya mendampingi kunjungan bapak Panglima TNI dan bapak Kapolri ke Pontianak dan memantau perkembangan covid-19 yang ada di kalbar. Beliau mengapresiasi langkah-langkah kebijakan Pemerintah Daerah dan sinergitas TNI-Polri dalam penagangan covid-19 di kalbar,” ungkap Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Ia mengutarakan bahwa terkait vaksin di Provinsi Kalbar termasuk sepuluh besar daerah yang terendah pencapaian vaksinasinya. Hal itu disebabkan bukan dari teknis pelayanan vaksinasi namun melainkan pemerintah pusat pengiriman vaksinnya tidak banyak.

“Terkait dengan vaksin dimana kita [Provinsi Kalbar] termasuk Sembilan daerah yang terendah capaian vaksinnya. Ini bukan masalah kinerja pemerintah daerah yang rendah tapi memang vaksin yang dikirim ke kita itu tidak memandai. Vaksin yang baru terkirim 20 persen dari kebutuhan vaksin seluruh kalbar, sedangkan yang sudah divaksinkan 18,44 persen dan sisanya untuk vaksin kedua, untuk itu bapak Kapolri dan Panglima TNI akan membantu komunikasikan dengan Menteri Kesehatan agar daerah kalbar dikirim vaksin yang mencukupi,” ujarnya.

Dirinya pun berharap, Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada dikalbar jika pengiriman vaksinasi tercukupi untuk segera melakukan vaksinasi kepada masyarakat di daerahnya. Guna mencegah penyebaran covid-19 di Provinsi Kalbar.

“Saya berharap kawan-kawan di daerah kabupaten dan kota jangan kendor jangan sampai vaksinnya ada kita tidak memvaksinkannya ke masyarakat yang membutuhkan. Jangan sampai kita dibilang nanti vaksinnya kurang rebut, sekali vaksinnya ada tapi tidak divaksinkan ke masyarakat, saya berharap semua daerah bisa mencapai-capaian vaksin itu,” harapannya.

Ia menambahkan, dengan pemberian vaksin ke masyarakat sesegara mungkin agar pandemic covid-19 bisa menekan penyebaran virus tersebut. Agar kembali normal seperti sedia kala.

“Kita berlomba-lomba bagaimana pandemic ini kedepan bisa menjadi endemi. Endemi itu artinya seperti penyakit biasa dan kembali normal dengan kesiapan-kesiapan vaksinasi dan obat-obatan semua kita siapkan, serta laboratorium PCR dan sebagainya semua kita siapkan,” tuturnya.

Sementara itu, Marsekal TNI Panglima TNI Marsekal TNI. Hadi Tjahjanto menjelaskan, serbuan vaksinasi di wilayah Kalbar bertujuan untuk mempercepat vaksinasi sehingga target kekebalan kelompok bisa segera tercapai.

“Namun kami juga mengingatkan bahwa walaupun kita sudah divaksin namun tetap harus patuh terhadap protocol kesehatan yaitu 3 M, Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga Jarak. Mudah-mudahan target hari ini bisa tercapai sesuai yang kita rencanakan,” harap Panglima TNI.

Sedangkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu dalam mengakselerasi vaksinasi dan berharap dapat terus ditingkatkan dalam mewujudkan sinergitas yang persisi.

“Kita akan komunikasikan agar kiriman atau distribusi vaksin di wilayah kalbar dapat ditingkatkan , sehingga pencapaian persentase vaksinasi yang saat ini berada di 19 persen bisa meningkat dan sama dengan capaian secara nasional,” ujar Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.