Buat Paspor Sudah Bisa di Mempawah, Erlina: UKK Imigrasi Kebanggaan Besar Kami

UKK IMIGRASI. Kakanwil Kemenkumham Kalbar, Feri Monang Sihite, Bupati Mempawah, Erlina, Wakil Bupati Muhammad Pagi, jajaran forkopimda, berfoto bersama usai peresmian Kantor (UKK) Imigrasi Kelas I TPI Pontianak di Mempawah, Selasa (28/9/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo

Mempawah (Suara Kalbar) – Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas I TPI Pontianak di Mempawah telah diresmikan, Selasa (28/9/2021) pagi.

Peresmian dilakukan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Barat, Feri Monang Sihite.

UKK Imigrasi Kelas I TPI Pontianak itu sendiri berlokasi di eks Gedung Dekranasda, di Jalan Daeng Menambon, tak jauh dari Kantor Bupati Mempawah.

Dengan peresmian ini, maka menjadi kabar gembira bagi masyarakat.

Karena pelayanan keimigrasian, seperti pembuatan paspor maupun dokumen lainnya sudah bisa dilakukan di Mempawah.

“Kami hadir memberi kemudahan kepada masyarakat yang ingin mengurus dokumen keimigrasian. Nah, dengan adanya UKK di sini, maka pelayanan tersebut bisa dilakukan di Mempawah,” ujar Feri Monang Sihite.

Ia mengungkapkan, keberadaan UKK Imigrasi tak terlepas dari jelang beroperasinya Pelabuhan Internasional Kijing, maupun potensi perkembangan industri-industri besar di Kabupaten Mempawah.

“Nanti UKK Imigrasi ini tidak hanya melayani WNI saja, tapi bisa dimanfaatkan WNA yang ingin mengurus dokumen imigrasi seperti KITAS (Kartu Ijin Tinggal Terbatas),” ungkap Feri Monang Sihite.

Ia berharap, hadirnya UKK akan memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat.

Bupati Mempawah, Erlina, mengaku bahagia dengan diresmikannya UKK Imigrasi Kelas I TPI Pontianak di Mempawah.

Baginya, keberadaan pusat pelayanan keimigrasian menjadi momentum bersejarah dalam perjalanan pemerintahan di Kabupaten Mempawah.

Keberadaan UKK ini menjadi suatu kebanggaan besar, utamanya seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Mempawah serta masyarakat.

“Alhamdulillah, berkat dukungan Kanwil Kemenkumham beserta jajarannya, UKK bisa diwujudkan,” ujar dia.

Lebih lanjut Erlina berharap, keberadaan pelayanan imigrasi di Mempawah tidak hanya sebatas UKK, tapi seiring waktu dapat meningkat statusnya menjadi Kantor Imigrasi Mempawah.

“Tentu UKK ini menjadi langkah awal untuk kita mempersiapkan diri mewujudkan Kantor Imigrasi Mempawah,” ucapnya.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Wakil Bupati Muhammad Pagi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak, Forkorpimda, Kepala Rutan Mempawah, pimpinan OPD, instansi vertikal, serta tokoh masyarakat.