News  

Satgas Pamtas Siapkan Rumah Isolasi dan Disinfektan untuk Pemukiman Warga di Perbatasan

Satgas gencar lakukan swab cegah penyebaran Civid-19 diperbatasan RI-Malaysia SUARAKALBAR.CO.ID/Agus Alfian

Entikong (Suara Kalbar) – Mencegah penyebaran Covid-19 diperbatasan, Satgas Pamtas Yonmel 643/WNS lakukan penyemprotan cairan disinfektan disejumlah pemukiman masyarakat Desa Semanget Dusun Panga Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

“Selain melakukan penyemprotan cairan disinfektan juga di siapkan tempat isolasi terpusat di Dusun Panga,untuk warga yang terkonfirmasi Covid-19,” ungkap Dansatgas Pamtas Yonmek 643/wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, Kamis (12/8/2021)

Dijelaskan Dansatgas, penyemprotan disinfektan itu dikhususkan kepada masyarakat yang sudah terindikasi terpapar virus Covid-19 dan membuat Tempat Isolasi Terpusat (Isoter) sebagai upaya mencegah munculnya klaster baru virus Covid-19 di dusun Panga, Desa Semanget.

Kegiatan tersebut dilakukan anggota Pos Panga yang dibantu oleh masyarakat Dusun Panga dan bertujuan mencegah penyebaran virus Covid-19.

Kegiatan ini lebih fokuskan kepada penyemprotan rumah masyarakat yang sudah terindikasi virus Covid-19 dan melaksanakan penyemprotan disinfektan juga meliputi tempat ibadah, Balai Dusun dan Fasilitas umum lainnya.

“Tempat Isolasi Terpusat atau sering kita sebut Isoter, Isoter ini merupakan bagian dari upaya tindakan cepat untuk mencegah menyebar luasnya virus Covid-19 apabila ada masyarakat yang terpapar Covid-19,” ucap Hendro Wicaksono.

Sementara itu Danpos Panga Letda Inf Yopy Prasetyo menambahkan, Isoter tersebut menggunakan rumah warga yang tidak dihuni dan menyiapkan tenaga kesehatan baik dari anggota Pos Panga maupun dari Puskesmas setempat serta menyiapkan segala obat-obatan yang dibutuhkan selama proses penyembuhan.

“Kami juga tidak henti-hentinya terus menghimbau kepada warga masyarakat agar selalu melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya agar segera berakhir masa pandemi Covid-19,”  pungkasnya.