PPKM Mikro Dusun Padi Wajok Hilir Raih Predikat Terbaik di Hari Kemerdekaan RI

Tim PPKM Mikro tiga RT berprestasi terbaik usai menerima penghargaan, berfoto bersama Camat Jongkat, M. Erfiza, Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, dan jajaran Forkopimcam pada Peringatan HUT ke-76 RI di halaman Kantor Camat Jongkat, Selasa (17/8/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Pemerintah Kecamatan Jongkat melalui Satgas Covid-19 menganugerahkan penghargaan kepada tiga Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang dinilai berprestasi.

Penyerahan penghargaan berlangsung di halaman Kantor Camat Jongkat pada Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021) pagi.

“Berdasarkan penilaian kita, Posko PPKM Mikro RT. 002/RW. 012 Dusun Padi, Desa Wajok Hilir meraih predikat terbaik,” ungkap Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono.

Kemudian, peringkat kedua diraih PPKM Mikro RT. 001/RW. 008 Dusun Alianyang, Desa Jungkat.

Sedangkan peringkat ketiga, PPKM Mikro RT. 009/RW. 002 Dusun Mawar, Desa Sungai Nipah.

Untuk menentukan yang terbaik ini, pihaknya menggunakan dua kriteria penilaian berdasarkan hasil survei di lapangan.

Pertama, dilihat dari keteraktifan pengurus Posko PPKM di tingkat RT masing-masing desa.

“Dan kedua, sejauh mana peran Posko PPKM Mikro tingkat RT dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam upaya pengendalian, penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19,” jelas Kapolsek lagi.

PPKM Mikro di tingkat RT ini, tambahnya, merupakan salah satu peran dan bentukan Bhabinkamtibmas di masing-masing desa untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kita berharap, ketiga Posko PPKM Mikro yang mendapat predikat terbaik untuk lebih termotivasi meningkatkan kinerjanya di masyarakat,” harap Iptu Rahmad Kartono.

Sedangkan bagi yang belum mendapatkan penghargaan, Kapolsek meminta tetap semangat dan meningkatkan sinergitas untuk memberdayakan Posko PPKM Mikro di masing-masing RT.

Camat Jongkat, M. Erfiza, mengapresiasi kinerja terbaik yang telah ditunjukkan ketiga Posko PPKM Mikro sehingga layak mendapatkan penghargaan.

Menurutnya, kehadiran Posko PPKM di tingkat RT saat efektif dalam upaya pengendalian Covid-19, sebab praktiknya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Saya ucapkan selamat kepada ketiga Posko PPKM Mikro telah telah menunjukkkan kinerja terbaik untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Semoga kinerja seperti ini dapat diikuti oleh Posko PPKM Mikro lainnya,” pungkas Erfiza.