Laskar FKOB Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya Dilantik

Pengurus Laskar Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya resmi dilantik.SUARAKALBAR.CO.ID/Ist

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Pengurus Laskar Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya resmi dilantik pada Sabtu (28/8/2021).

Pelantikan yang digelar di rumah Adat Saoraja di desa Punggur Kapuas dihadiri Penasehat DPP FKOB Ismail, Wakil Ketua Umum, Wakil Ketua Bidang Sayap Ketua Umum, Wakil Ketua Bidang Seni Budaya , Wakil Ketua Bidang Mahasiswa dan pelajar, Pengurus DPW FKOB Kalbar, dan Laskar FKOB Kota Pontianak dan Laskar FKOB Kabupaten Kubu Raya.

“Kegiatan ini sudah lama ingin kita laksanakan pelantikan Laskar FKOB Kubu Raya dan Laskar Kota Pontianak, dimana kegiatan sangat kita banggakan, membangakan bukannya untuk kepentingan pribadi tapi untuk semua Suku Bugis yang ada di Kalbar,” ungkap Ketua Umum FKOB, Dr. Ardiyansyah

Ia menegaskan, FKOB sangat diidamkan bukan saja di Kalbar, namun sudah diakui dan di kenal di Sulawesi Selatan dari kalangan pemangku adat dan Raja- raja yang ada di Sulawesi Selatan bukan hanya 1 , 2 saja yang tahu tapi semua Pemangku Adat dan Raja – raja yang ada di Sulawesi Selatan.

“Tujuan kita dan mempunyai visi dan misi bagaimana melestarikan adat dan budaya Bugis melestarikan peninggalan nenek moyang kita,” tegasnya.

Ia menambahkan, pelantikan Laskar FKOB sudah dilantik oleh DPP dan Jika ada yang menanyakan mengapa DPD dan DPC belum dilantik karena Sayap Laskar FKOB , Sayap Perempuan dan Sayap Mahasiswa dan Pelajar semuanya sudah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

“ Jadi kalau ada yang menanyakan silakan menanyakan sesuai 1 tingkatan di atasnya masing-masing sudah di susun DPC ,DPD dan DPW di dalam anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga , Sayap Laskar FKOB tak terepas dari organisasi FKOB itu sendiri,” ungkapnya.

Berikut Tugas Laskar FKOB:

1. Bagaimana bisa mengembangkan Adat dan Budaya Bugis misalnya : Pencak Silat, Anggaru , dan Silat Sekajang Lipa. Selain untuk menjaga diri juga melestrikan dan mengembangkan seni Budaya, bukan untuk gagah -gagahan atau jago-jagoan.

2. Laskar FKOB Kota Pontianak nanti nya merupakan Laskar di Rumah Adat Saoraja yang terletak di Kota Pontianak.

Untuk bulan depan FKOB akan melaksanakan Festival Adat Budaya Bugis selama 1 bulan yang di laksanakan 4 Kecamatan Kabupaten Kubu Raya yaitu Kecamatan Teluk Pakedai, Kecamatan Sui Raya di Kuala Dua , Kecamatan Batu Ampar di Padang Tikar dan Sungai Kakap di Punggur Besar.