Keren, Polres Mempawah Terima Penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak RI

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, menyerahkan piagam penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak RI kepada Kasat Reskrim AKP Muhammad Resky Rizal dan Unit PPA Polres Mempawah, Selasa (31/8/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan kepada Polres Mempawah, Polda Kalimantan Barat.

Penghargaan diberikan karena Polres Mempawah dinilai telah menunjukkan dedikasi dan respon cepat dalam pengungkapan dan penanganan kasus kekerasan seksual anak, terutama kasus pencabulan anak di wilayah hukumnya selama satu tahun.

Penyerahan piagam penghargaan Komnas Perlindungan Anak RI ini berlangsung di halaman Mapolres Mempawah, Selasa (31/8/2021) pagi.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, yang bertindak selaku inspektur upacara, bersama sejumlah perwira dan anggota, turut menerima penghargaan tersebut. Yakni, Satuan Reskrim serta Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA).

Dalam kesempatan itu, Kapolres Fauzan, mengaku bersyukur bahwa Polres Mempawah selama ini dinilai telah memberikan pelayanan terbaik bagi anak-anak yang berhadapan dengan hukum.

“Penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak RI ini akan menjadi motivasi bagi jajaran Polres Mempawah untuk mempertahankan kinerja dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat,” ungkap AKBP Fauzan Sukmawansyah.

Untuk menurunkan angka kekerasan seksual anak, termasuk kasus pencabulan anak, Polres Mempawah bertekad akan tetap mengedepankan upaya preventif, preemtif, serta memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Edukasi tersebut berupa pendidikan dan pengajaran kepada orangtua untuk terlibat dalam mengawasi serta melindungi anak-anaknya,” katanya lagi.

Dengan demikian, tambahnya, tindakan represif / penindakan hukum, merupakan upaya terakhir yang diterapkan apabila masih ada laporan atau bukti terjadinya pelanggaran hukum kekerasan seksual terhadap anak.