Imigrasi Sanggau Tetap Berikan Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Kantor Imigrasi Sanggau

Sanggau (Suara Kalbar)- Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau yang menaungi wilayah kerja kabupaten Sanggau, Sekadau, Melawi dan Sintang tetap buka seperti biasa dalam memberikan pelayanan meskipun masih di masa pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Belum berakhirnya masa pandemi Covid-19 tidak mengendorkan semangat kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah kami di empat Kabupsten,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Sanggau melalui Kasi Tikkim Candra Wahyu Hidayat.

Candra menjelaskan bahwa selama Juli 2021 Kantor Imigrasi Sanggau telah menerbitkan paspor sebanyak 83 paspor.”Pelayanan untuk warga negara Indonesia dilaksanakan melalui 3 pelayanan yaitu di Kantor Imigrasi, Mall Pelayanan Publik Sanggau dan Layanan Eazy Passport,”ujarnya.

Sedangkan untuk pelayanan terhadap warga negara asing Kantor Imigrasi Sanggau hanya memberikan pelayanan sesuai dengan peraturan terbaru berkenaan dengan pembatasan orang asing yaitu Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 27 tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk Ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat tertanggal 19 Juli 2021.

“Berkenaan dengan jumlah Orang Asing yang masih berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Sanggau yang masih bertahan keseluruhan berjumlah 92 WNA,” ujar Candra.

Dengan perincian di Kabupaten Sanggau sebanyak 18 WNA, Kabupaten Sekadau sebanyak 33 WNA, Kabupaten Melawi 12 WNA dan Kabupaten Sintang sebanyak 28 WNA.

“Keberadaan orang asing tersebut tetap dalam pantauan petugas Imigrasi yang terus melakukan pengawasan baik secara administratif maupun pengawasan langsung di lapangan,” jelasnya.

Untuk kegiatan orang asing tersebut, Candra menjelaskan bahwa keberadaan mereka untuk berbagai kegiatan diantaranya investasi,bekerja,berkunjung yayasan dan penyatuan keluarga (perkawinan campuran).

“Berkenaan dengan percepatan pembangunan PLBN Sei Kelik Ketungau Hulu Sintang dan pengawasan sepanjang perbatasan RI Malaysia di sepanjang perbatasan Kabupaten Sintang,”katanya.

Kantor Imigrasi Sanggau terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait terutama Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) baik di Komando Taktis di Badau Kapuas Hulu, Komando Utama di Senaning,maupun di Pos Pamtas di titik-titik perbatasan.

“Semua kegiatan yang dilksanakan baik pelayanan maupun pengawasan tetap berpedoman pada penerapan protokol kesehatan Covid-19 dan peraturan yang berlaku terutama berkenaan dengan perkembangan situasi Covid-19,” jelasnya.

  • Bagikan