135 PMI Latihan Senam Kebugaran dari Satgas Pamtas Yonmek 643/ WNS

  • Bagikan
Sebanyak 135 Pekerja Migran Indonesia (PMI) diajak olahraga untuk meningkatkan fisik dan imun tubuh selama menjalani masa karantina di Terminal Barang Internasional (TBI) Entikong, Kabupaten Sanggau, Rabu (4/8/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/ Agus Alfian

Entikong (Suara Kalbar)- 135 Pekerja Migran Indonesia (PMI) diajak olahraga untuk meningkatkan fisik dan imun tubuh selama menjalani masa karantina di Terminal Barang Internasional (TBI) Entikong, Kabupaten Sanggau, Rabu (4/8/2021).

“Semua PMI yang tiba dari Malaysia harus menjalani karantina,selain itu mereka juga diberikan pemahaman terkait langkah hidup sehat selama pandemi Covid-19. Yakni menggunakan masker,mencuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan,”ujar Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono.

Dijelaskan Hendro Wicaksono,PMI selama delapan hari menjalani karantina diberikan latihan kebugara fisik. Satgas Pamtas melatih senam kebugaran fisik bagi para PMI setiap pagi dilanjutkan dengan berjemur di sinar matahari sebagai upaya untuk dapat meningkatkan imun sehingga terbebas dari paparan virus Covid-19.

“Ada empat orang anggota Satgas Pamtas secara bergantian setiap mengajarkan senam kebugaran fisik dan juga memberikan pembinaan mental bagi para PMI sehingga diharapkan keluar dari karantina selama 8 hari mereka dapat pulang ke kampung halamannya dengan kondisi segar dan bugar,” kata Dansatgas.

Menurut Hendro Wicaksono, olahraga pagi bersama ini bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit, juga menyerap vitamin D dari Sinar Matahari.

Bahkan para ahli kesehatan merekomendasikan bahwa kandungan vitamin D yang ada pada sinar Matahari dapat membantu menguatkan sendi-sendi tubuh, mengembalikan kebugaran serta menambah stamina untuk mencegah penyakit.

Karena sinar Matahari meningkatkan imunitas tubuh supaya bisa lawan corona. Dan olahraga ini juga memiliki manfaat lain, yakni sebagai sarana menjaga kekompakan diantara para PMI.

Sementara itu, Iwan, satu diantara PMI yang menjalani karantina mengakui dengan adanya program olahraga jelas menghilangkan rasa bosa dan tentu mendapatkan manfaat sehat.

“Selain olahraga,kami juga diberikan sosialisasi bagaimana menjaga kesehatan selama pademi Covid-19.Karena penyebaran virusnya cukup cepat salah satu upaya memutus penyebaranya tentu dengan mematuhi protokol kesehatan yakni menggunakan masker dan mencuci tangan,” ujar Iwan.

  • Bagikan