Tujuh Desa di Bengkayang bakal Terang-Benderang di Tahun 2021

  • Bagikan
Jaringan listrik perdesaan (lisdes) yang mulai dibangun di Kabupaten Bengkayang. Bupati Sebastianus Darwis bertekad hingga tahun 2023 semua desa sudah teraliri listrik. SUARAKALBAR.CO.ID/Kurnadi.

Bengkayang (Suara Kalbar) – Pembangunan jaringan listrik menjadi salah satu topik utama dalam kampanye Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis-Syamsul Rizal pada Pilkada 9 Desember 2020 Lalu.

Hal itupun termuat dalam Visi dan Misi dan selalu menjadi topik utama dalam kampanyenya.

Untuk di ketahui Darwis-Rizal diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Golongan Karya (Golkar), memenangkan Kontestasi Pilkada dan menang telak di 12 dari 17 kecamatan Se Kabupaten Bengkayang.

Dalam Kampanyenya, Darwis-Rizal selalu mengungkapkan, kader terbaik Partai Gerindra, Khaterine Angela Oenden, dan kader terbaik Partai Golkar, Maman Abdurahman, berada di Komisi 7 DPR RI yang siap memperjuangkan listrik untuk Kabupaten Bengkayang.

Sebelumnya, tercatat sekitar 27 desa dan 156 dusun yang belum menikmati listrik.

Pada Musda Ke X DPD Golkar Kabupaten Bengkayang di Gedung Zamrud Khatulistiwa Pontianak beberapa waktu lalu, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kalbar, Maman Abdurahman, menyampaikan Kabupaten Bengkayang menjadi salah satu daerah yang diprioritaskan untuk pembangunan jaringan listrik dari PT. PLN Persero.

“Di tengah wabah Pandemi Covid-19 saat ini, saya selaku Wakil Ketua Komisi 7 DPR RI memohon maaf tidak dapat berbuat banyak. Namun program listrik menjadi hal utama yang saya perjuangkan sebagai tugas karya kerkaryaan untuk dibangun di Kalbar dan juga Kabupaten Bengkayang,” ucap Maman Abdurahman.

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis pada visi dan misinya 2021-2026 telah menjadikan listrik menjadi program utama selain infrastruktur jalan dan jembatan, air bersih, telekomunikasi, pertanian, perikanan, dan perkebunan.

Selain itu, pembenahan ASN melalui pembangunan SDM dan juga menciptakan pemerintahan bersih, bebas dari KKN menjadi hal yang prioritas juga bidang lainnya.

Untuk mencapai semua program yang tertuang dalam visi dan misi tentunya diperlukan kerjasama, koordinasi dan tidak ada ego di OPD dan antar OPD.

“Kita ini bukan Superman tetapi Super Tim,” ucap Sebastianus Darwis dalam beberapa kesempatan saat memberikan sambutan.

“Untuk listrik memang saya targetkan bersama Wakil Bupati Bengkayang. Diupayakan tahun 2023 jaringan listrik sudah rampung di setiap desa,” tegas Sebastianus Darwis lagi.

Oleh karena itu, dia mohon dukungan seluruh warga di setiap desa agar mendukung program Pemkab Bengkayang,

Pada tahun 2021, jaringan listrik telah dibangun di Kecamatan Lembah Bawang, tepatnya di Desa Papan Uduk, Desa Papan Tembawang dan Desa Tempapan.

Sementara Kecamatan Sungai Betung, pada tahun 2021 ini, jaringan listrik dibangun di Desa Karya Bhakti.

Untuk Kecamatan Teriak, jaringan listrik yang bangun di Desa Benteng Keladan, Desa Tubaju dan Desa Sumber Karya.

“Dengan demikian, pada Agustus 2021, listrik yang sudah terpasang diupayakan sudah menyala dan bisa dinikmati masyarakat bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-76,” tegasnya.

  • Bagikan