Pandemi, Berbagai Even Budaya di Sekadau Tidak Bisa Dilaksanakan

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sekadau, Paulus Misi

Sekadau (Suara Kalbar) – Selama hampir dua tahun pandemi Covid-19 berdampak terhadap even kebudayaan di Sekadau. Berbagai even budaya tahunan yang biasa digelar tidak bisa dilaksanakan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sekadau, Paulus Misi mengatakan dengan adanya pandemi yang masih menerpa sekadau menyebabkan berbagai even yang sudah dikemas tidak bisa digelar.

Pelaksanaan even beresiko menimbulkan kluster baru karena bisa menyebabkan berkumpulnya orang sehingga berbagai kegiatan ditunda untuk sementara waktu.

“Berbagai even besar yang biasa digelar setiap tahunnya seperti festival seni budaya melayu dan pekan gawai dayak dan kegiatan lainnya tidak bisa kita laksanakan karena pendemi ini,” ujar Paulus Misi, Selasa (15/6/2021).

Selain even budaya, even olahraga juga tidak bisa digelar, apalagi menjelang Agustus biasa berbagai kegiatan olahraga seperti sepakbola sering dilaksanakan, namun tahun ini sepertinya ditiadakan.

“Biasanya menjelang Agustus itu berbagai agenda sudah disusun untuk memeriahkan HUT RI baik tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa, namun sepertinya juga tidak bisa dilaksanakan mengingat kasus di Sekadau sedang meningkat,” tambahnya.

Selain itu, Sektor Priwisata juga terdampak, tempat-tempat wisata sepi pengunjung sehingga menyebabkan perputaran ekonomi menjadi sulit.

Meski begitu, Paulus Misi menghimbau masyarakat seni dan budaya di Sekadau untuk tetap bisa berkreasi melalui media sosial yang ada untuk mempromosikan produk-produknya seninya.

“Kita berharap pelaku seni tidak putus kreativitas, bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan karyanya,” tandasnya.

 

  • Bagikan
You cannot copy content of this page