Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Timpuk Dirikan Posko

Semua daerah dari pusat hingga desa saat ini tengah berjuang mengendalikan penularan covid-19 di masyarakat.

Sekadau (Suara Kalbar) – Semua daerah dari pusat hingga desa saat ini tengah berjuang mengendalikan penularan covid-19 di masyarakat. Berbagai upaya dilakukan termasuk salah satunya mendirikan posko PPKM berbasis mikro.

Di Desa Timpuk Kecamatan Sekadau Hilir, Posko PPKM Mikro mulai diberlakukan di semua Dusun dan RT dengan membentuk pos jaga. Setiap warga diminta segera melapor jika menemui hal-hal yang tidak diinginkan terutama yang berkaitan dengan kasus covid-19.

“Kebijakan PPKM diterapkan untuk menekan laju penularan kasus positif serta melandaikan kurva penyebaran Covid-19,” kata Siswanto, Sekretaris Desa Timpuk, Selasa (4/5/2021).

Dalam pelaksanaanya, Wanto menyebut Posko PPKM akan melakukan empat fungsi yaitu pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung operasional penanganan Covid-19 di tingkat desa.

Sesuai Instruksi Menteri Desa No 1 tahun 2021 tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dalam PPKM Skala Mikro di Desa, Pemdes Desa Timpuk akan melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya penyemprotan disinfektan.

“Kalau anggaran, kita anggarkan 8 persen Dana Desa untuk penanganan dan membiayai kegiatan-kegiatan, salah satunya penyemprotan disinfektan,” jelasnya.

Ia berharap ditengah kesulitan ekonomi masyarakat akibat wabah pendemi, kasus covid-19 di Indonesia terutama di Sekadau segera melandai.

Penulis: Tambong SudiyonoEditor: Redaksi