News  

Tenun Sidan dari Kapuas Hulu, Program Unggulan Diskop UKM Kalbar di 2021

Ketua Dekranasda Lismaryani Sutarmidji saat mempromosikan Kain Tenun Sidan
SUARAKALBAR.CO.ID/Adpim Kalbar

Pontianak (Suara Kalbar) – Bersinergi yang dibangun bersama Dekranasda dan Diskop UKM Provinsi guna melakukan pembinaan pada sektor Ekraf atau kerajinan.

“Jadi tahun 2021 yang menjadi program unggulan dari Dekranasda adalah Tenun Sidan dari Kapuas Hulu,” ungkap Kepala Diskop UKM Provinsi Kalbar Ansfridus J Andjioe melalui PPID Dinas Koperasi dan UKM Kalbar, Veronika.

Sinergi yang telah dibangun bersama Dekranasda Provinsi Kalbar kedepan tidak hanya pada promosi kain tenun Sidan saja, tapi banyak lagi produk lokal asal Kalbar lainnya.

“Kita berharap Dekranasda dapat mengisi Smesco di pusat untuk mempromosikan produk di daerah diantaranya kain tenun sidan yang menjadi produk unggulan,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa Diskop UKM Provinsi berusaha untuk membina UKM dalam pengembangan pengrajin tenunan di Kapuas Hulu dan akan diberikan pendamping.

“Selain dipasarkan langsung dan dipajang di Galeri SMESCO pusat juga dipromosikan secara online melalui website,” tuturnya.

Dari sisi media sosial (Medsoso), Veronika mengatakan bahwa saat ini sudah mulai terus digencarkan untuk promosi kain tenun sidan dengan menggandeng Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar dan beberapa anggota lainnya serta dengan melibatkan kabupaten kota.

“Kita juga telah melakukan pemotretan bersama Ketua Dekranda Provinsi dan beberapa anggota Dekranasda beberapa waktu lalu dengan tema kerajinan tenun sidan mulai dari baju maupun kainnya,” terangnya.

Ditambahkan Verinika, koleksi foto maupun video akan dibagikan secara masif di media sosial untuk di viralkan sampai ke Kementrian untuk mengenalkan produk dari kain tenun, serta untuk memperlihatkan bagaimana indahnya hasil desainer asal Kalbar dengan bahan dasar kain tenun sidan.

Penulis: Pri