Ramadhan Tiba Pintu Surga Terbuka

  • Bagikan

                                                        Oleh H. Hamidi Mi’raj, S.Ag, M.Pd

Kini Ramadhan telah tiba kembali menjumpai para mukmin. Orang-orang yang beriman kepada Allah Swt. merasa gembira berjumpa dengan tamu agung yang namanya Ramadhan ini, karena para  mukmin ini mendapat panggilan langsung dari Allah Swt. untuk menyambutnya, sebagaimana firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 183, “Wahai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”.  

Bagi orang yang beriman kepada Allah Swt, Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nantikan kehadirannya, karena ia merupakan bulan yang penuh keberkahan, rahmat dan ampunan dari Allah Swt.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah ra. disebutkan, bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan dibelenggu” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jika difahami secara kontekstual, pintu surga dibuka bermakna bahwa di bulan Ramadhan banyak amalan-amalan yang bila dikerjakan dengan benar dan ikhlas akan mengantarkan pelakunya menuju surganya Allah Swt. Selain itu, ibadah puasa dan amalan ibadah lainnya di bulan Ramadhan, akan dilipat gandakan ganjaran pahalanya, sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah Saw. dalam sebuah sabdanya, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman : “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. 

Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari hadits di atas dapat difahami bahwa setiap amalan kebaikan manusia akan dilipatgandakan pahalanya 10 kali lipat bahkan hingga 700 kali lipat. Berbeda dengan amalan puasa. Pahala orang yang berpuasa akan dilipatgandakan menjadi tak terhingga oleh Allah Swt. 

Puasa merupakan amalan wajib di bulan Ramadhan. Banyak amalan lainnya meskipun hanya amalan sunnah tetapi sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan. Melaksanakan puasa dan amalan-amalan sunnah secara benar, sungguh-sungguh dan ikhlas itulah yang membuat pintu surga terbuka sehingga memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi para mukmin untuk memasukinya.

Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan dan pahalanya dilipatgandakan. Hadits yang diriwayatkan Tirmidzi menjelaskan, “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh yang semisal. Aku tidak katakan alif laam miim itu satu huruf. Namun alif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf”. 

Amalan lainnya yang dapat menjadi asbab dibukanya pintu surga di bulan Ramadhan ini adalah shodaqoh. Allah Swt akan memuliakan orang yang gemar bershodaqoh dan melipatgandakan ganjaran pahalanya lebih-lebih bila dilakukan di bulan Ramadhan. Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa memberi makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, ia berhak atas pahalanya tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa”. (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Ibadah yang paling besar nilainya di bulan Ramadhan adalah ibadah yang dilakukan pada saat terjadinya Lailatul Qadar, dimana nilai ibadah di malam itu jika diterima Allah Swt. lebih baik dari beribadah seribu bulan  sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Qadr ayat 3. Lailatul Qadar itu adanya di sepuluh malam terakhir Ramadhan. Mengerjakan shalat di malam itu dapat menyebabkan dihapuskannya dosa-dosa kita yang telah lalu. Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap ridho dari Allah Swt., maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari).

Demikianlah beberapa amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan yang ganjaran pahalanya dilipatgandakan oleh Allah Swt. dan dapat mengantarkan pelakunya menuju  surganya  Allah Swt.  Mudah-mudahan Allah Swt. melimpahkan kesehatan, kekuatan dan umur panjang kepada kita, sehingga kita dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan ibadah-ibadah lainnya secara maksimal di bulan suci yang penuh berkah dan ampunan ini dan pada akhirnya dapat mengantarkan kita masuk ke dalam surganya Allah Swt. Semoga !

*) Penulis adalah Ketua STIT Syarif Abdurrahman Singkawang.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page