News  

Pembudidayaan Ikan Air Tawar Menjadi Sasaran Utama Dinas Perikanan

 

Peternak Ikan Lele di Bandarsyah, Natuna


Natuna (suarakalbar) – Tahun 2020, Dinas Perikanan Natuna melalui BBI (Balai Benih Ikan)telah berhasil memberikan bantuan bibit lele kepada beberapa kelompok pembudidayaan ikan air tawar. Sedangkanuntuktahun 2021karena terbatas anggaranharusterpendingterlebih dahulu.

Hal tersebut dikatakanKepala Dinas Perikanan Natuna,Zakimin,di ruang kerjanyaDinas Perikanan Natuna, Komplek Masjid Agung Natuna,Jumat (12/3) siang.

Menurutnya,sudah banyak kelompok pembudidaya ikan air tawar yang dibentuk diNatuna, namun memang belum semua mendapatkan bantuan bibit lele.

Sementara itukedepan, BBI juga akan mengembangbiakanbibit ikan air tawar jenis lainnya. Sedangkan untuk pengembangbiakan ikan laut kataZakimin, saat ini sudah tidak lagi menjadi tanggung jawab Dinas Perikanan. 

Kadis Perikanan Natuna, Zakimin

“Memangkawan kawan disini sudah mulai bisa produksi benih ikan sendiri, nanti kita juga akan produksi bibit lainnya seperti patin, gurami, nila dan lainnya,” jelasZakimin.

Zakiminmengaku ada kekhawatiran dikalangan petambak mengenai hal pemasaran, namunZakiminoptimis ikan air tawar akan dapat diterima masyarakat di Natuna.

Bupati Natuna, melalui AsistenPerekonomian dan Pembangunan Setda Natuna, Tasrif, meminta kepada kelompok petambak ikanair tawar yang telah mendapatkan bantuan bibit ikan leletahun 2020 laluagar dapat membudidayakan hingga berkembang.

Asisten II Setda Natuna, Tasrif

Diakuinya,memang budidaya ikan air tawar masih belum familiar dilakukan oleh masyarakat Natuna, mengingat daerah ini merupakan kepulauan yang sebagian besar dikelilingi lautan, namun dengankerjakerasdan usaha yang serius dipastikan budidaya ikan air tawar akan dapat terealisasi.

Selain itu,Tasrifjuga menyampaikan bahwa pemerintah melalui dinas teknis akan terus memberikan pembinaan dan bimbingan kepada kelompok dan pelaku budidaya ikan air tawar.

Liputan : Imam

Editor : Kundori