Seorang Nelayan Sempat Dinyatakan Hilang, Akhirnya Ditemukan Terdampar di Pulau Tempurung

Petugas gabungan melakuan pencaharian terhadap Rendi seorang nelayan Dusun Sungai Soga Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang.

Bengkayang (Suara Kalbar)  – Tim Sar Gabungan yang melibatkan Personel Sat Polair Polres Bengkayang dan Personel Polsek Sungai Raya, TNI-AL dan TNI-AD beserta Basarnas Pontianak yang dibantu warga melakukan pencarian terhadap seorang nelayan bernama Rendi warga Dusun Sungai Soga Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang.

Kasat Polair Polres Bengkayang AKP Apep Syamsul Hakim mengatakan bahwa Minggu (29/11/2020) sekitar pukul 15.30 WIB diketahui adanya Rendi, seorang wara nelayan  warga Dusun Sungai Soga Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang yang pada saat di laporkan belum kembali dari laut.

“Senin pagi (30/11/2020) personel gabungan berangkat menyisir area yang telah di tentukan pada pukul 05.30 WIB, setelah satu jam melakukan pencarian di Perairan Pulau Tempurung Tim SAR gabungan menemukan korban yang hilang, Rendi dalam keadaan selamat dan sehat di atas daratan Pulau Tempurung, kemudian membawa dan menyerahkan Rendi kepada Pihak keluarga,” ujar AKP Apep Syamsul Hakim.

Apep Syamsul mengatakan korban yang hendak pergi memancing menggunakan kapal  atau motor air  mengalami kerusakan mesin saat hendak menuju pulang, selang beberapa waktu kapal atau motor air korban terombang ambing terkena cuaca buruk yaitu hujan di sertai angin dan gelombang tinggi di mana korban Rendi diketahui masih dapat memberi kabar kepada salah seorang rekannya melalui telephone untuk meminta bantuan.

Dia menjelaskan pelaksanaan kegiatan SAR perairan ini adalah sebagai upaya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan kehadiran Polri sesuai Undang-Undang Polri Nomor 2 Tahun 2002 yaitu memelihara kamtibmas, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta menegakkan hukum.

Penulis : Kurnadi