Ketua DPRD Singkawang Menilai Pentingnya Mobil PCR untuk Ketahui Hasil Swab

Ketua DPRD Kota Singkawang, Sujianto

Singkawang (Suara Kalbar)-  Ketua DPRD Kota Singkawang, Sujianto mengatakan keberadaan mobil PCR sangat penting, lantaran untuk mempercepat untuk mengetahui hasil swab yang dilakukan di lapangan.

“Singkawang sudah mengusulkan mobill PCR ke BNPB pusat, namun mobil pusat tersebut belum ada datang, kemarin sebenarnya kalau Pemkot Singkawang jeli kita beli mobil PCR tidak masalah, kita akan hitungan-hitungan, jadi tidak menunggu terlalu lama, kan menjadi aset daerah,” ujar Sujianto, Selasa (20/10/2020).

Apabila mobil PCR juga belum ada yang datang ke Singkawang, kata Sujianto, dia menyarankan sebaiknya diusulkan untuk diadakan menggunakan dana APBD, lantaran pandemi Covid-19 ini masih belum berakhir dan belum pasti kapan berakhirnya.

Menurut Sujianto, keberadaan mobil PCR ini sangat penting, lantaran Laboratorium Mikrobiologi pemeriksaan Tes Cepat Molekuler RSUD dr Abdul Aziz Singkawang masih terbatas, lantaran dalam satu hari kapasitas pemeriksaan hanya 12 sampel saja, sehingga tidak tertampung dan akhirnya dikirim ke propinsi yang melakukan pemeriksaan sampel uji swab se-Kalbar.

Melihat trend pandemi Covid-19 yang kian hari meningkat yang sebelum Singkawang zona hijau kemudian ke kuning dan akhirnya zona orange, Sujianto menyarankan agar protokol kesehatan semakin ditingkatkan dan mengurangi kerumumunan atau bisa juga tidak ada kerumunan massa.

Penulis   : Tim Liputan / adv