Disdikporapar Mempawah Umumkan 10 Finalis Lomba Pokok Telok

Mempawah (Suara Kalbar)-Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Mempawah mengumumkan 10 finalis Lomba Pokok Telok yang digelar untuk memeriahkan even budaya Robo’-Robo’.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Disdikporapar Mempawah, Raja Fajar Azansyah, mengatakan, berdasarkan perhitungan akhir Lomba Pokok Telok, pihaknya telah berhasil menjaring 10 finalis. 

“Ke-10 finalis akan bertarung untuk penentuan juara yang kami gelar besok, Selasa 27 Oktober, di Dinas Dikporapar Kabupaten Mempawah,” katanya, Senin (26/10/2020) siang. 

Finalis yang yang lolos tersebut terdiri atas Sri Fatmawati, Kecamatan Jongkat dengan nilai 1.647. Resi Lovia, Mempawah Timur, dengan nilai 1.112. Tita Ariani, Jongkat, dengan nilai 1.022.

Syaiful Muluk, Mempawah Hilir, dengan nilai 945. Jumaryati, Mempawah Hilir, dengan nilai 940. Korniawati, Mempawah Hilir, dengan nilai 910. Ali Akbar, Jongkat, dengan nilai 885.

Rizka Mandasari, Mempawah Hilir, dengan nilai 878. Sari Eka Rusmita, Jongkat, dengan nilai 856. Dan finalis terakhir, Eka Yuliani, Mempawah Hilir, dengan nilai 855.

Saat mengikuti babak final, tambah Fajar, setiap finalis diwajibkan mengenakan pakaian adat Melayu, diwajibkan membawa fotokopi rekening Bank Kalbar.

“Peserta juga diwajibkan membawa Pokok Telok sesuai foto yang di-upload dengan jumlah 29 batang dan mengisi telok dengan jumlah 10 buah,” kata Fajar lagi. 

Selain itu, peserta sudah harus hadir di tempat lomba paling lambat pukul 08.30 WIB untuk mengatur posisi Pokok Telok sesuai nomor undian. Nomor undian peserta ditentukan berdasarkan urutan like terbanyak 1-10.

Peserta hanya diperbolehkan membawa satu orang pendamping untuk masuk ke lokasi lomba. Peserta lomba diwajibkan mencuci tangan pada saat memasuki lokasi lomba dan menggunakan masker.

Peserta diwajibkan untuk mempraktikkan proses pembuatan satu batang bunga Pokok Telok. Pokok telok peserta lomba nantinya menjadi milik panitia pelaksana.

“Pemenang Lomba Pokok Telok tidak ditentukan berdasarkan jumlah Like pada babak penyisihan, tetapi berdasarkan penilaian tim juri,” pungkas Fajar. 

Penulis : Dian Sastra