Diiringi Lagu Dangdut, Badut Enggrang Satlantas Ajak Warga Cegah Covid-19

Aksi Badut Enggrang dalam Operasi Zebra Kapuas 2020 Satlantas Polres Mempawah di Sentra Kuliner Terminal Mempawah menyampaikan pesan-pesan pencegahan Covid-19, Jumat (30/10/2020) sore.

Mempawah (Suara Kalbar)-Satuan Lalu Lintas Polres Mempawah yang tengah menggelar Operasi Zebra Kapuas 2020, selalu tampil dengan ide-ide kreatif untuk menggalang partisipasi masyarakat berperan aktif memutus mata rantai pencegahan Covid-19.

Misalnya sore ini, Jumat (30/10/2020). Pengunjung sentra kuliner di Terminal Bus Mempawah yang sedang menikmati sajian makanan maupun minuman, dibuat terkaget-kaget dengan aksi seorang Badut Enggrang menyampaikan pesan humanis pencegahan Covid-19. 

Dengan iringan lagu dangdut dari seperangkat pengeras suara, Badut Engrang berkeliling Terminal Mempawah. Mengenakan blangkon, rompi lalu lintas dan wajah dibedak khusus, sang badut sukses menarik simpati masyarakat. 

Kontan, masyarakat pengunjung Sentra Kuliner Mempawah, yang umumnya berasal dari luar kota, mendekat dan mengambil foto maupun video atraksi Badut Enggrang setinggi dua meter ini. 

“Kreatif sekali. Pesan yang ingin disampaikan sih sudah biasa. Yakni, upaya pencegahan Covid-19. Tapi yang tak biasa adalah, sarana yang digunakan polisi di Mempawah ini, menggunakan Badut Enggrang. Keren abis,” ujar Hendri Suprianto, ASN asal Kota Pontianak. 

Hendri mengaku sedang beristirahat dan makan di Terminal Mempawah dengan tujuan hendak liburan ke Pasir Panjang Singkawang. 

“Adanya Badut Enggrang ini membuat anak-anak saya ingin mengambil foto dan video. Saya sampai kewalahan,” ujarnya seraya tertawa. 

Badut Enggrang pun tampak senang saat warga begitu antusias melihat kehadirannya. Usai dari terminal, Badut Enggrang dan personel Satlantas Polres Mempawah kemudian berpawai mengelilingi Kota Mempawah. 

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kasat Lantas AKP Dwi Dyo, mengatakan, tampilnya Badut Enggrang dalam Operasi Zebra Kapuas 2020 ini merupakan ide kreatif personel Satlantas sendiri. 

“Idenya mengalir begitu saja. Kita lalu melakukan persiapan untuk memilih seorang Badut Enggrang untuk tampil menyampaikan pesan-pesan humanis upaya pencegahan Covid-19,” ujarnya lagi. 

Dwi Dyo mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat masyarakat pada Badut Enggrang dalam Operasi Zebra Kapuas 2020 ini. Ia berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh protokol kesehatan. 

Penulis : Dian Sastra