PPS di Sekadau Laksanakan Pleno DPHP

Serah terima berkas Coklit dari PPDP ke PPS di Desa Seraras | Suarakalbar: Tambong.

Sekadau (Suara Kalbar) – Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat Desa se Kabupaten Sekadau menggelar rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP). Hal ini dilakukan setelah selesainya tahapan pencocokan dan penelitian atau Coklit yang dilaksanakan dari tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 lalu.

Anggota KPU Sekadau, Marikun menjelaskan pleno DPHP tingkat Desa dilakukan sebelum rapat pleno tingkat Kecamatan dan Kabupaten dilakukan. Penyusunan dan pemutakhiran data pemilih untuk memastikan semua masyarakat Sekadau terdaftar sebagai pemilih pada Pilkada 9 Desember 2020.

“Sesuai tahapan, Pleno tingkat PPS dilaksanakan pada tanggal 30-31 Agustus dan 1 September 2020. Mulai kemaren tanggal 30 sudah ada Desa yang melaksanakan. Untuk pleno tingkat PPK sendiri dilaksanakan direntang tanggal 2,3 dan 4 September 2020,” ujarnya, Senin (31/8/2020).

Selanjutnya, tegas Marikun, KPU Sekadau akan melakukan pleno direntang tanggal 5 sampai 14 September 2020. Untuk kepastian tanggalnya akan disampaikan selanjutnya.

Setelah pleno tingkat Kabupaten maka DPHP akan dijadikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). DPS akan kembali diumumkan ditempat umum seperti papan pengumuman Desa atau kantor Desa untuk masyarakat dapat memberikan tanggapan.a

Ia menyerukan jika ada masyarakat atau keluarga yang belum terdaftar di DPS, termasuk ada komponen data yang belum sesuai dengan KTP silahkan melapor ke PPS dengan membawa identitas diri seperti KTP dan KK.

“Data akan kembali kami turunkan kebawah untuk memberikan ruang kepada masyarakat menanggapi, maka jika masih ada warga kita yang belum masuk maka silahkan melapor ke PPS dengan catatan tercatat sebagai penduduk Sekadau dibuktikan KTP E,” katanya.

Sementara itu, Ketua PPS Desa Seraras Syaifudin mengatakan pihaknya telah melaksanakan rapat pleno tingkat Desa sesuai tahapan yang ada. Di Desa Seraras sendiri jumlah PPDP sebanyak 4 orang tersebar di 4 TPS.

“Alhamdulillah kegiatan pleno DPHP tadi berjalan lancar. Yang jelas dalam kegiatan tadi kami sangat berterimakasih kepada PPDP kami yang telah bekerja dengan baik mengingat di Seraras saat itu terdampak banjir, jadi ada beberapa PPDP kita yang agak kesulitan datang kerumah warga untuk mencoklit, tapi alhamdulillah berjalan lancar,” ceritanya.

Udin menjelaskan dari data A.KWK yang dimutakhirkan oleh PPDP terdapat perubahan jumlah maupun perubahan pada komponen data pemilih sesuai hasil Coklit meliputi penghapusan terhadap data orang yang sudah meninggal, pindah dan sebagainya. Penambahan pemilih baru juga dilakukan oleh PPDP yang sebagaian besar berasal dari pemilih pemula.

“Kalau kita lihat sesuai hasil pleno kita tadi bersama PPDP disaksikan PPDK ada sedikit penambahan jumlah pemilih, itu didapat dari pemilih baru,” terangnya.

Diketahui Desa di Sekadau Hilir yang melaksanakan pleno DPHP pada hari ini tanggal 31 Agustus 2020 sebanyak 5 Desa yaitu Seraras, Tanjung, Gonis Tekam, Mungguk dan Sungai Ringin. Sisanya sudah melaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2020 yang lalu. Total TPS di Sekadau Hilir berjumlah 149 TPS.

Penulis : Tambong Sudiyono