75 Tahun Merdeka, Ini Harapan Tokoh dan Masyarakat Sekadau

Ilustrasi Kemerdekaan | Zonasutra.com

Sekadau (Suara Kalbar) – Tepat tanggal 17 Agustus Tahun 1945 yang lalu Indonesia mengikrarkan diri merdeka dari penjajahan. Kini setelah 75 Tahun merdeka, sejumlah harapan disampaikan oleh berbagai elemen masyarakat di Sekadau agar lebih maju dan bisa bersaing dengan negara lain.

Tokoh masyarakat Sekadau, Achmadin mengatakan pembangunan yang sudah ada harus tetap dilanjutkan dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya pembangunan harus merata hingga ke perdesaan.

“Pembangunan yang ada sekarang sudah baik, tinggal ditingkatkan lagi dan lebih merata sampai ke desa,” ujar Achmadin, mantan Kades Tanjung periode 1998 – 2014.

Achmadin yang juga salah seorang tokoh pemekaran Kabupaten Sekadau tahun 2003 lalu berharap momen Pilkada 9 Desember mendatang bisa berjalan dengan aman damai dan sejuk. Menurutnya siapapun yang terpilih harus bisa mensejahterakan masyarakat baik dalam bidang pembangunan infrastruktur, ekonomi, budaya hingga peningkatan Sumber Daya Manusia melalui pemerataan dibidang pendidikan.

Ia juga menyinggung para pemuda yang ada sekarang untuk dapat mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dengan hal-hal yang positif, terutama yang perlu dijauhi adalah Narkoba dan pergaulan bebas karena bisa merusak jati diri bangsa Indonesia yang santun dan berbudaya.

“Kalau dulu para pejuang kita meraih kemerdekaan dengan susah payah, perang dimana-mana. Sekarang mari kita isi dengan hal-hal yang positif dan produktif agar Indonesia dan terutama Sekadau bisa maju, tidak ketinggalan dari daerah maupun negara lain,” harapnya.

Budi, salah seorang masyarakat Sekadau berharap momentum 75 Tahun kemerdekaan Republik Indonesia agar pemerintah bisa memulihkan kembali ekonomi masyarakat yang saat ini sedang diguncang wabah pandemi Covid-19.

“Sebagai seorang pedagang kecil ya saya berharap ekonomi bisa kembali pulih,” ujar Budi, pedagang kelontong di Kampung Sewak Desa Mungguk Sekadau.

Penulis : Tambong Sudiyono