News  

Situs Sejarah Lan Fang di Mandor Diresmikan

Mandor (Suara Kalbar) – Pelaksana Tugas Bupati Landak Herculanus Heriadi meresmikan Situs Sejarah Lan Fang di Mandor, Sabtu (24/3). Dalam acara tersebut hadir juga yang mewakili Presiden MADN, Ketua DAD Provinsi Kalbar Jakius Sinyor, Forkopimda Kabupaten Landak, Ketua Yayasan Internasional dan Yayasan Gema Setia, tamu luar negeri seperti dari Thailand, Malaysia, Singapura, Hongkong, China, dan tamu dari luar Kalbar lainnya.

Dalam sambutannya, Heriadi mengatakan bahwa peresmian salah satu situs sejarah  tersebut merupakan catatan sejarah bagi Kabupaten Landak, karena sudah diresmikannya tempat sejarah kedatangan Lan Fang ke Kalimantan Barat dengan nama Kongsi Lan Fang, yang menurut ceritanya kongsi tersebut didirikan sejak tahun 1777.

Pada waktu itu kedatangan Lan Fang untuk mengerjakan tambang emas di Mandor. “Sebagai kenangan maka didirikan tugu yang selama ini dikenal sebagai monumen makam Lan Fang, selain untuk mengenang beliau, juga untuk meningkatkan tujuan wisata dalam dan luar negeri,” ujar Heriadi.

Politisi PDI Perjuangan Kabupaten Landak itu menambahkan, diresmikannya Monumen Lan Fang ini juga untuk mengedukasi para pelajar sehingga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, pada hari-hari tertentu,  sekolah-sekolah dapat melakukan kunjungan ke salah satu situs sejarah yang ada di Kabupaten Landak ini.

“Sejarah Lan Fang bermula di abad 18. berawal dari sebuah kongsi tambang orang Tionghoa dari etnis Hakka di Pontianak, “ujarnya.

Penulis: Tim Liputan

Editor: Kundori