News  

Paguyuban Jawa Kalbar Gelar Wayang Kulit

Pontianak (Suara Kalbar) – Paguyuban Jawa Kalimantan Barat (PJKB) menggelar Pagelaran Wayang Kulit  semalam suntuk di halaman Panti Asuhan Nurul Iman Jl. Uray Bawadi atau dulu dikenal Jl Jawa,  Sabtu (24/2/2018).

Ketua Umum Paguyuban Jawa Kalbar, H Sadimo Yitno Poerbowo mengatakan Pagelaran Wayang Kulit ini menampilkan dalang Muda Putra Kelahiran Pontianak Kalimantan Barat yang menuntut ilmu Pedalangan di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo Jawa Tengah.

“Kami akan gelar Wayang Kulit yang menampilkan Dalang Muda, Anak Muda yang punya keinginan melestarikan Seni Budaya Jawa meskipun dia kelahiran Pontianak Kalbar, Ananda Tri Wiryawan yang akan tampil dengan lakon Babat Alas Wonomerto,” jelas Sadimo.

Sadimo berharap dengan tampilnya Dalang Muda Putra Kalimantan ini akan memberi semangat Pelestarian Seni Budaya kepada semua, dan membuktikan bahwa semua punya kemampuan dalam melestarikan Budaya, khususnya Seni Budaya Jawa di Kalimantan Barat.

Sementara itu,  Sekretaris PJKB Edi Suhairul menambahkan, sebagai Paguyuban Jawa Kalbar adalah berfungsi sebagai wadah pelestarian Seni Budaya Masyarakat Jawa yang ada di Kalimantan Barat.

“Paguyuban Jawa ini adalah wadah Pelestarian Seni Budaya Masyarakat Jawa,  seperti yang akan kami laksanakan nanti Wayang Kulit,  selain itu kami juga mewadahi seni Campur Sari, Reog, Kuda Lumping, dan seni Budaya Jawa lainya,” Jelas Edi.

Edi mengundang semua masyarakat untuk untuk menyaksikan penampilan dalang Muda Kelahiran Pontianak yang akan membawa lakon Babat Alas Wonomerto.

Penulis: Tim Liputan

Editor: Kundori