Farrah Nurul, Kartini Modern yang Lahirkan Inovasi Untuk Bantu Masyarakat
![]() |
| Farrah Nurul. (Dok: Pribadi) |
Suara Kalbar – Perjuangan RA Kartini
untuk memajukan kaum perempuan di Indonesia seakan tak sia-sia. Di era
modern seperti sekarang ini, tak sedikit kaum Hawa yang berhasil
mengejar mimpinya, menjadi sosok yang berprestasi dengan pencapaian yang
tinggi.
Salah satunya adalah Farrah Nurul, Product Design
Lead Tokopedia, yang menjadi salah satu pemimpin perempuan di
perusahaan digital yang didominasi oleh laki-laki. Kehadirannya mampu
mendorong lahirnya berbagai inovasi untuk mempermudah kehidupan
masyarakat.
Ketertarikan Farrah pada dunia teknologi meningkat saat bergabung dengan e-commerce Tokopedia pada 2013 sebagai web designer.
“Saat itu, web designer Tokopedia hanya 3 orang.
Kami bertanggung jawab mengembangkan website agar mudah digunakan
masyarakat,” jelas Farrah.
Bahkan, kata dia, dirinya merupakan salah satu
karyawan yang mengawali keberadaan produk dan layanan digital di tempat
bekerja, seperti pembayaran pulsa, tagihan listrik dan sebagainya.
Berkat terobosan ini, banyak masyarakat yang
terbantu dalam memenuhi kebutuhan produk digital. Hal tersebut terlihat
dari jumlah transaksi produk digital di Tokopedia yang meningkat
signifikan sejak diluncurkan.
Farrah rekannya kemudian mengembangkan berbagai
produk di website maupun aplikasi Tokopedia. Inovasi yang dikembangkan
termasuk fitur inbox, chat, notifikasi, halaman bantuan atau pusat
resolusi hingga layanan streaming, Tokopedia Play.
Menurutnya, dalam menciptakan atau mengembangkan
inovasi, kita harus memikirkan kebutuhan pengguna, termasuk visual dan
interaksinya.
Sebagai talenta digital perempuan Indonesia,
Farrah mengungkapkan bahwa gender bukanlah penghalang untuk terus
berkarya dan memaksimalkan potensi diri di berbagai bidang, yang penting
punya kemauan dan kemampuan.
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now




