Terkesan dengan Program JKN, Nurul Rasakan Berbagai Layanan Kesehatan Tanpa Biaya
Pontianak (Suara Kalbar) – Besarnya manfaat dari Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terbukti telah dirasakan masyarakat.
Program JKN telah banyak membantu masyarakat dalam memperoleh akses layanan Kesehatan yang setara dan terjangkau.
Manfaat Program ini juga dirasakan oleh Nurul Kurnia (24) seorang mahasiswa yang berkuliah di Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Nurul menceritakan pengalamannya saat mengakses layanan kesehatan menggunakan Program JKN. Terdaftar menjadi Peserta JKN sejak tahun 2019 dirinya mengaku sudah sangat terbantu dengan Program JKN.
Berbagai manfaat pelayanan kesehatan telah dirasakannya, termasuk biaya pengobatan yang sepenuhnya ditanggung oleh Program JKN, kemudahan akses pelayanan di puskesmas maupun rumah sakit serta perlindungan kesehatan yang terbilang relatif murah.
Sudah berulang kali ia dan keluarganya menggunakan JKN untuk berobat. Menurutnya, Program JKN gampang dipergunakan karena mudah dan ringkas persyaratannya.
”Saya sudah terdaftar menjadi peserta JKN itu sejak tahun 2019, dan sudah berkali-kali menggunakan JKN untuk berobat. Sudah banyak sekali terbantu dengan Program JKN, tidak pernah sama sekali saya dan keluarga mengeluarkan biaya untuk pengobatan, semuanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Akses pelayanan pun mudah, tidak ada perbedaaan dalam pelayanan terhadap peserta JKN, baik itu di Puskesmas maupun di rumah sakit,” jelas Nurul.
Nurul mengungkapkan kemudahan dirinya dan keluarga dalam mengakses layanan kesehatan, hal tersebut tentu tidak lepas dari bagaimana dirinya mengikuti segala prosedur yang telah diberikan oleh Program JKN itu sendiri.
Menurutnya siapapun bisa mengakses dan mendapatkan kemudahan dalam mengakses layanan asalkan mengikuti prosedurnya. Dengan hal tersebut, setiap masyarakat yang terdaftar aktif di program JKN tidak merasa rugi, karena semua akses layanan kesehatan dapat didapatkan dengan mudah.
”Siapa yang tahu nanti kedepan saya dan keluarga ditimpa musibah sakit dan membutuhkan Program JKN ini, meskipun tetap berdoa agar tetap diberikan kesehatan. Semua kemudahan dalam mendapatkan layanan kesehatan yang mudah ini tentu tidak lepas dari bagaimana kami mengikuti prosedur yang telah diberikan. Seperti selalu membayar iuran dan aktif terdaftar di program ini meskipun jarang menggunakannya, tapi iuran yang kami bayarkan tentu saja akan bermanfaat bagi peserta JKN lain yang membutuhkan”, ungkap Nurul.
Nurul pun mengapresiasi setiap inovasi dan perbaikan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan.
Hal tersebut tentu saja untuk menunjang kemudahan peserta dalam memperoleh jaminan pelayanan kesehatan yang mudah dan cepat.
Ia juga senang dengan hadirnya beragam layanan kesehatan berbasis online, seperti Mobile JKN yang sangat relevan dengan masyarakat yang tidak ingin ribet dalam mengakses layanan administrasi.
”Kadang jika sudah buru–buru itu suka lupa bawa dompet, namun beruntung sekarang mengakses layanan kesehatan sudah bisa hanya dengan menunjukkan kartu digital saja. Sangat simpel sekali sekarang, tinggal membuka aplikasi Mobile JKN dan menunjukkan kartu digital sudah bisa akses layanan. Apalagi dalam mengurus administrasi juga sudah bisa lewat Mobile JKN. Ini inovasi yang sangat luar biasa, semua hal serba praktis sekarang tidak perlu repot–repot kalau mau mengurus admistrasi, tinggal buka aplikasinya dan semuanya beres,” ujar Nurul.
Nurul juga menyampaikan harapannya agar BPJS Kesehatan untuk dapat terus memberikan layanan terbaik untuk setiap peserta JKN.
Nurul juga menambahkan, saat ini sudah banyak masyarakat yang terbantu oleh Program JKN, terutama bagi mereka yang tidak mampu secara finansial.
“Manfaat yang saya terima dari program ini sangat nyata, program ini sangat membantu sekali terutama untuk masyarakat yang secara finansial itu kurang mampu. Semoga saja program ini terus memberikan manfaat dan layanan terbaik untuk masyarakat Indonesia,” tutup Nurul.
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS