Kalbar  

Selama Januari Hingga Mei, 31 Bencana Terjadi di Kalbar 

BPBD Sanggau Lakukan Asesmen dan Salurkan Bantuan ke Lokasi Banjir.[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Istimewa]

Pontianak (Suara Kalbar) – Bencana alam merupakan fenomena yang menimbulkan kerusakan, kerugian bahkan korban jiwa terlebih bencana alam tidak dapat diprediksi kapan di wilayah mana.

Satgas Informasi BPBD Kalbar Daniel mengatakan fenomena alam yang mengakibatkan bencana di Kalimantan Barat meliputi banjir, putting beliung dan tanah longsor yang terjadi di sejumlah Kabupaten di Kalimantan Barat.

“Kami mencatat januari hingga mei ada 31 bencana alam yang terjadi diantaranya banjir 25 titik,tanah longsor lima dan putting beliung satu titik,” kata Daniel (Selasa (09/07/2024) siang.

Daniel menjelaskan dampak yang diakibatkan dari bencana alam tersebut yakni ratusan kepala keluarga terpaksa mengungsi dan mengalami kerusakan fisik akibat bencana meliputi rumah rusak, terendam banjir,fasilitas umum rusak seperti rumah ibadah sekolah dan layanan Kesehatan.

“Kerusakan tersebut banyak disebabkan oleh banjir, terlebih banjir di hulu kerap datang dengan tiba – tiba akibat luapan sungai di sekitar pemukiman warga,” jelasnya.

Adanya musibah bencana yang terjadi BPBD Kalbar meminta Masyarakat yang menjadi daerah rawan bencana untuk waspada dan segera mengungsi jika terjadi bencana yang cukup membahayakan diri dan keluarga.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS