Landak  

Pemkab Landak Gelar Sosialisasi Netralitas ASN Jelang Pilkada 2024

Sosialisasi netralitas ASN di Aula Kantor Bupati Landak, Kalbar, Rabu (10/07/2024).SUARAKALBAR.CO.ID/Diskominfo Landak. 

Landak (Suara Kalbar)- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Landak gelar sosialisasi netralitas ASN di Aula Kantor Bupati Landak, Kalbar, Rabu (10/07/2024).

Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan membuka kegiatan mengucapkan terimakasih kepada peserta yang telah hadir, karena menurutnya kehadiran para ASN merupakan bukti antusiasme semua bukan hanya untuk menyimak materi dari para narasumber, namun juga menunjukkan semangat bersama dalam menyambut pesta demokrasi yakni dan Pilkada serentak pada 27 November 2024.

“Sosialiasi pada pagi hari ini hendaknya tidak sekadar dipandang sebagai wadah untuk mengedukasi terkait Netralitas Pegawai ASN, namun juga untuk membangun sinergitas bersama sebagai pilar dalam pemerintahan ini,” ucapnya.

Gutmen menjelaskan dalam Pasal 9 ayat (2) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 menyebutkan bahwa Pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik. Fungsi ASN adalah sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat dan pemersatu bangsa.

“Bukan hanya saat menggunakan seragam kerja atau melaksanakan tugas pokok dan fungsi, gerak-gerik kita dipantau masyarakat tetapi di sosial media juga akan mengundang perhatian masyarakat luas,” jelasnya.

Gutmen juga mengingatkan bahwa ASN yang membuat postingan, memberikan comment dan like, melakukan share, bergabung atau ikut dalam group atau akun pemenangan bakal calon, termasuk foto bersama juga dapat dikenakan sanksi moral dan sanksi disiplin.

Sosialisasi ini diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Landak, Kepala BKPSDM Landak, Ketua KPU Landak, Ketua Bawaslu Landak, Pimpinan OPD, dan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Landak.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS