UPR di Kubu Raya Dorong Kebutuhan Bibit Ikan 

Aktivitas salah satu pembudidaya ikan di kawasan Sungai Kapuas, Kalbar. SUARAKALBAR.CO.ID/Yati

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Dinas Perikanan Kabupaten Kubu Raya saat ini tengah memberdayakan unit pembenihan rakyat (UPR) yang tersebar di beberapa titik di Kubu Raya untuk menyediakan bibit ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kubu Raya Hefni Rizal mengatakan sejumlah kelompok masyarakat tersebut menerima bantuan induk ikan yang dapat dikembangkan dan diharapkan dapat mencukupi permintaan bibit yang cukup tinggi di Kubu Raya.

“Program ini dilakukan karena tingginya permintaan bibit ikan oleh para pembudidaya, membuat dinas perikanan saat ini membangun unit pembibitan rakyat,” kata Hefni, Selasa (25/06/2024).

Meski begitu tidak menutup kemungkinan dinas perikanan akan mendatangkan bibit dari luar Kubu Raya sebagai pilihan terakhir jika memang kondisi mendesak dan pemenuhan bibit ikan belum tercukupi.

“Jika sangat mendesak mungkin kami akan mendatangkan bibit dari luar namun kami masih menggupayakan ketersediaan bibit dari UPR,” jelasnya.

Hefni menambahkan, fasilitas kemudahan mendapat bibit ikan ialah untuk mendorong pertumbuhan budidaya ikan di kubu raya, serta meningkatkan kegemaran masyarakat terhadap konsumi ikan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS