Tingkatkan Kewaspadaan, PLN UID Kalbar Lakukan Simulasi Tanggap Darurat Terhadap Ancaman di Area Obvitnas

Reka adegan simulasi, petugas dari Ditpamobvit melumpuhkan salah satu pelaku pengganggu keamanan di kantor PLN UP2D Kalimantan Barat, Selasa (11/6/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/HO.Humas PLN Kalbar.

Pontianak (Suara Kalbar)- PLN UP2D Kalimantan Barat bekerja sama dengan Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Kalimantan Barat mengadakan simulasi tanggap darurat untuk menghadapi huru hara dan teror bom di Kantor PLN UP2D Kalbar pada Selasa (11/6/2024).

Kegiatan ini dilakukan guna membekali keterampilan dan kesiapan seluruh pegawai serta anggota keamanan dalam menghadapi ancaman, gangguan dan bahaya dalam tugas di lapangan baik dari internal maupun eksternal.

Manager PLN UP2D Kalimantan Barat, Deardo Simon Manalu menyampaikan bahwa PLN UP2D Kalimantan Barat merupakan salah satu Obyek Vital Nasional (Obvitnas) yang harus selalu dijaga agar bisa beroperasi dengan aman dan andal.

”Untuk mewujudkan suasana kerja yang kondusif, aman dan nyaman maka diperlukan kesiapan dan kesadaran semua personil baik itu pegawai, tenaga alih daya maupun satuan keamanan untuk memahami bahaya yang bisa saja timbul secara tiba-tiba di lingkungan tempat kita bekerja,” kata Deardo.

Ia menjelaskan, pada kegiatan ini Satuan Ditpamobvit Polda Kalimantan Barat bersama pegawai PLN UP2D Kalimantan Barat melakukan simulasi dengan skenario menghadapi salah satu orang yang melakukan penyekapan dan ancaman kepada salah satu pegawai dengan membawa senjata api pelaku adalah vendor yang merasa kecewa karena kontrak kerjanya dengan PLN di putus dan tidak diperpanjang, dengan sigap petugas PLN dibantu oleh polisi pam obvit melumpuhkan pelaku dan menyelamatkan pegawai yang di sandera.

General Manager PLN UID Kalbar, Joice Lanny Wantania menyampaikan simulasi ini juga merupakan upaya PLN untuk meningkatkan pengetahuan dan awareness pegawai terhadap potensi bahaya dan kondisi darurat di area perkantoran.

”Dengan serangkaian simulasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan menjadi amal ibadah bagi kita semua yang terlibat kegiatan ini serta akan meningkatkan kesiapsiagaan semua karyawan khususnya satuan keamanan serta memberikan pemahaman untuk selalu waspada,” kata Joice.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Kalimantan Barat atas kerjasamanya sekaligus berharap semoga silaturahmi dan komunikasi akan terus terjalin, membangun dan meningkatkan sinergitas antara Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Kalimantan Barat dengan PLN UID Kalimantan Barat untuk sama-sama menjaga Obvitnas.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS