Kubu Raya Akan Tambah Puskesmas di Kawasan Padat Penduduk

Pelayanan kesehatan di Puskesmas di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar. SUARAKALBAR.CO.ID/Yati

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan mengatakan luasnya wilayah dan padatnya penduduk Kabupaten Kubu Raya khususnya di sejumlah kecamatan memunculkan wacana penambahan layanan kesehatan seperti puskesmas di Kabupaten Kubu Raya.

Puskesmas merupakan layanan kesehatan terdekat dengan masyarakat selain rumah sakit, berdasarkan data pada tahun 2023 Kubu Raya memiliki 21 puskesmas yang tersebar di sembilan kecamatan.

“Nantinya puskesmas tersebut akan dibangun di Kecamatan Sungai Raya dan Teluk Pakedai hal ini dikarenakan luasan wilayah dan sulitnya lokasi di kecamatan tersebut,” kata Marijan.

Marijan menambahkan adanya penambahan puskesmas diharapkan mampu menekan angka rujukan masyarakat ke rumah sakit, terlebih sejumlah puskesmas sudah dilengkapi dengan rawat inap dan sarana yang memadai.

“Jadi kalau puskesmas banyak dan lengkap masyarakat tidak perlu ke rumah sakit karena dengan berobat di puskesmas masyarakat bisa sembuh,” tambahnya.

Selain terus mengoptimalkan pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kubu Raya juga memiliki rancangan untuk kembali mengajukan penambahkan rumah sakit.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS