IPDN Kampus Kalbar Mulai Magang di Sanggau, Penampilan GAP IPDN Jadi Sorotan

Penghormatan kepada Pj Bupati dan undangan saat devile IPDN kampus Kalbar. SUARAKALBAR.CO.ID/Darmansyah.

Sanggau (Suara Kalbar) – Direktur IPDN Kampus Kalbar Azharisman Rozie mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sanggau yang telah menerima Praja IPDN Kampus Kalbar untuk melakukan magang di Kabupaten Sanggau.

“Dimulainya Magang sebenarnya bukan hari ini tapi ini pelaksanaannya, karena satu bulan lalu telah dilakukan pembekalan dari bapak Pj Bupati dan seluruh jajarannya, hari ini adalah pengantar mereka untuk praktek langsung di lapangan,” ungkapnya, Kamis (6/6/2024).

Azharisman Rozie menerangkan 254 praja yang magang di Kabupaten Sanggau tahun ini terdiri dari seluruh Provinsi di Republik Indonesia. Praja ini telah belajar ilmu pemerintahan selama 4 semester, dan sekarang saatnya mereka mulai belajar di lapangan.

“Karena nanti para Praja ini setelah tamat akan menjadi praktisi-praktisi pemerintahan, jangan sampai mereka terlalu banyak belajar teori tapi tidak tahu praktek di lapangan, yang nanti bagaikan menara gading,” ungkap Azharisman.

Saat praktek di lapangan inilah diharapkan para Praja dapat menyerap penyelenggaraan pemerintahan, bagaimana pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dan kearifan lokal yang ada.

“Ketika ditemukan perbedaan apa yang mereka dapatkan di kampus dengan kenyataan di lapangan itu yang perlu di diskusikan. Kita minta dan kita harapkan para Praja ini dapat membantu mencarikan solusi, terutama hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pemerintahan,” ucapnya.

Para Praja magang ini juga nantinya akan membantu program sistem pelaporan anak putus sekolah. Ini membantu perangkat Kecamatan, Lurah serta untuk memberikan data data yang terupdate.

Sementara itu, dalam upacara dimulainya Praktek Kerja Lapangan (PKL) II Praja Muda angkatan XXXIII IPDN kampus Kalimantan Barat (Kalbar), penampilan Drumband Gita Abdi Praja (GAP) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) juga tidak kalah menarik perhatian masyarakat.

Para Praja IPDN Kampus Kalbar tampak menampilkan aksi yang memukau. Mahasiswa Ikatan dinas itu memulai penampilan dari halaman kantor bupati Sanggau, menuju jalan raya di depan kantor Bupati Sanggau untuk Display di depan tamu undangan dan masyarakat Sanggau.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS