Kalbar  

Ikadi Kalbar Komitmen Sukseskan Pilkada Kalbar Yang Aman dan Damai

Pengurus Wilayah Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kalbar berfoto bersama di salah satu hotel di Kota Pontianak pada Rabu (13/6/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/Fajar Bahari.

Pontianak (Suara Kalbar) Pengurus Wilayah Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Provinsi Kalimantan Barat mengadakan kegiatan silaturahmi dan khalaqoh dakwah di salah satu hotel di Kota Pontianak pada Rabu (13/6/2024).

Acara yang berlangsung dengan penuh khidmat ini mengusung tema “Peran Dakwah Dai dalam Mengawal dan Mensukseskan Pilkada Serentak 2024”.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah dai dan tokoh masyarakat dari berbagai daerah di Kalimantan Barat. Dalam acara tersebut, para dai berdiskusi mengenai pentingnya peran dakwah dalam menjaga kondusivitas dan mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

Selain itu, acara ini juga menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi antara para dai dan memperkuat komitmen bersama dalam menyebarkan pesan-pesan kebaikan dan perdamaian di tengah masyarakat.

“Saya berharap kepada seluruh dai agar mereka turut berpartisipasi aktif untuk bagaimana mereka bisa mendorong memberikan informasi dan meningkatkan partisipasi politik masyarakat agar mereka dapat menggunakan hak suara dan hak pilih,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Muhajirin Yanis.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para dai dapat lebih berperan aktif dalam menyebarkan nilai-nilai kebangsaan dan persatuan, serta turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung.

“Mereka harus hadir sebagai penyejuk karena di perhelatan seperti ini tidak dipungkiri ada kondisi masyarakat yang berbeda pilihan, oleh karenanya mereka diharap jadi penyejuk sehingga suasana tetap kondusif dan lancar sehingga pelaksanaan pemilu berjalan aman damai dan sukses,” ujar Muhajirin.

Di tempat yang sama, Ketua Ikadi Kalbar Burhansyah menyampaikan melalui Ikadi, para penceramah di Kalbar akan memaksimalkan perannya di sektor keagamaan.

“Kami di Ikadi sudah di doktrin kita punya sikap moderasi beragama. Ikadi dan anggotanya jangan menganggap diri paling benar, termasuk dalam hal politik, kita jangan menuduh calon si A tidak usah didukung, kita tidak begitu,” jelas Burhansyah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS