BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Tingkatkan Kemudahan Layanan Program JKN

BPJS Kesehatan saat bersama media dalam kegiatan Ngopi Program JKN Terkini salah satu hotel di Kota Pontianak, Jumat (31/5/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/Iqbal Meizar.

Pontianak (Suara Kalbar) – BPJS Kesehatan terus melakukan peningkatan mutu layanan melalui berbagai inovasi yang diantaranya adalah Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA), Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) serta tentunya penambahan fitur pada Aplikasi Mobile JKN.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pontianak Ridho Bakti saat kegiatan di salah satu Hotel di Kota Pontianak, Jumat (31/5/2024).

“Dilakukan sebagai upaya mendorong cakupan kepesertaan serta meningkatkan kemudahan bagipeserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam mengakses pelayanan administrasi kepesertaanataupun pelayanan Kesehatan di fasilitas kesehatan,” ujar Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pontianak Ridho Bakti.

Ridho Bakti menjelaskan pentingnya terdaftar sebagai peserta Program JKN. Begitu juga dalam mengakses layanan yang kini memberikan banyak kemudahan, bahkan BPJS Kesehatan memberikan solusi bagi peserta yang mempunyai tunggakan iuran.

“Penting bagi masyarakat untuk terlindungi oleh Program JKN, hal ini dikarenakan dengan adanya Program JKN, masyarakat dapat terlindungi secara finansial jika terserang penyakit terutama penyakit yang membutuhkan biaya tinggi, masyarakat yang sedang sehat juga dapat turut membantu masyarakat lain yang membutuhkan melalui sistem gotong-royong, serta merupakan wujud ketaatan sebagai warga negara yang menjalankan kewajiban sesuai dengan amanat Undang-Undang,” ujar Ridho di salah satu Hotel di Kota Pontianak, Jumat (31/5/2024).

Ia juga mengatakan saat ini BPJS Kesehatan terus berupaya untuk dapat menjangkau seluruh masyarakat sampai di pedesaan melalui Program PESIAR, ia mengatakan pencapaian cakupan peserta dan peningkatan keaktifan kepesertaan merupakan salah satu fokus utama badan di tahun 2024.

”Ada Program PESIAR. yang bertujuan memetakan masyarakat yang belum terlindungi JKN, menyisir masyarakat rentan, serta melakukan sosialisasi dan advokasi yang dilakukan oleh Agen PESIAR. Selain itu, BPJS Kesehatan memiliki Program REHAB yang memudahkan peserta dengan tunggakan iuran untuk membayar secara bertahap. Pendaftaran REHAB dapat dilakukan melalui Mobile JKN, Care Center 165, atau kantor cabang terdekat,” lanjut Ridho.

Ridho menjelaskan, dengan Program REHAB, pembayaran tunggakan iuran menjadi lebih ringan. Peserta dapat melakukan pendaftaran melalui AplikasiMobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165 maupunmengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Dengan adanya Program REHAB, kini peserta dapatmemilih jangka waktu pelunasan hingga 12 bulan yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.Terakhir, Ridho menerangkan salah satu inovasi terbaruyang memudahkan bagi peserta dengan kondisi wilayah geografis menantang dan terpencil melalui BPJS Online.

“ Peserta JKN yang memiliki tunggakan iuran kini tidakperlu khawatir lagi. Program REHAB hadir gunameringankan tunggakan tersebut dengan cicilan yang disesuaikan dengan kemampuan dan direncanakan darimasing-masing peserta. Harapannya, dengan adanyaProgram tersebut dapat mendorong masyarakat untukterus berpartisipasi sebagai peserta Program JKN secara aktif. Selain REHAB, kini juga ada BPJS Online. Program ini dikhususkan untuk menyediakan layananadministrasi bagi peserta yang berada di daerah yang memiliki akses terbatas, kami bekerja sama denganKantor Kelurahan atau Kantor Desa setempat untukmenyediakan akses tersebut pada hari dan jam kerja. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir lagi terkait layananadministrasinya,” kata Ridho.

Sebagai informasi tambahan, Asisten Deputi SDM, Umum dan Komunikasi Kedeputian Wilayah IV, Febri Yanti menegaskan bahwa Nomor Induk Kependudukan(NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) bisa digunakan sebagaiidentitas peserta JKN untuk mendapat pelayananKesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja samadengan BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.

“ Bagi peserta JKN yang ingin berobat ataumendapatkan pelayanan kesehatan lainnya di fasilitaskesehatan, sekarang bisa lebih praktis karena cukupmenunjukan NIK yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga sebagai identitaspeserta JKN. Pemanfaatan NIK ini merupakan bentukkolaborasi dari BPJS Kesehatan dengan pemangkukepentingan terkait, untuk menerapkan NIK sebagaiidentitas tunggal,”pungkas Febri.

Kemudahan peserta JKN turut dapat dirasakan melalui layanan Whatsapp PANDAWA. Peserta dapat melakukan pendaftaran, penambahan anggota keluarga, pengaktifan kepesertaan, perubahan datamelalui gengangaman tapa harus datang ke kantor cabang.

Setiap upaya peningkatan kualitas mutu layanan yang sudah dilaksanakan oleh seluruh ekosistem JKN ini bertujuan agar semakin mudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak khususnya dari segi kesehatan sesuai dengan amanat undang-undang. Oleh karena itu Febrimengimbau seluruh rekan media yang hadir agar dapat menularkan kembali informasi-informasi terkait Program JKN dan inovasi kemudahan tersebut kepada masyarakat luas melalui jejaringnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS