Warga Sekadau Tetap Antusias Saksikan Lomba Sampan Meski Sungai Banjir

Lomba Sampan Bidar se-kabupaten Sekadau.SUARAKALBAR.CO.ID/Fadil.

Sekadau (Suara Kalbar) – Masih dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idulfitri, Pemerintah Desa Merapi menggelar lomba Sampan Bidar yang diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah di-kabupaten Sekadau.

Meskipun bencana banjir yang melanda sebagian wilayahnya desa tersebut, masyarakat tetap antusias untuk ikut serta dalam perhelatan tradisional yang berlangsung pada 11-12 Mei 2024 ini.

Alip (17) seorang warga setempat, menegaskan meskipun banjir menerjang, hal itu tidak menyurutkan semangat untuk turut serta dalam perhelatan lomba Sampan Bidar.

“Walaupun desa Merapi tengah dilanda banjir, kami akan tetap menyaksikan lomba sampan ini,” katanya Alip.

Satu di antara atlet Sampan Bidar dari tim Kibas Citra Madya Merapi, Ferdi (18) mengatakan banjir tak menjadi halangan untuk tetap melestarikan acara tradisional ini.

“Kami akan terus semangat memberikan tontonan bagi masyarakat,” kata Ferdi sebelum memulai laga.

Diikuti oleh 47 tim dari berbagai wilayah di Kabupaten Sekadau, kompetisi ini menjadi ajang yang sangat dinanti-nantikan. Hadiah yang cukup menggiurkan sebesar Rp. 10.000.000 menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta yang berlomba-lomba memperebutkan gelar juara.

Adapun detail hadiah lomba mencakup:

Juara 1 : Rp. 5.000.000

Juara 2 : Rp. 4.000.000

Juara 3 : Rp. 3.000.000

Juara 4 : Rp. 2.000.000

Dengan demikian, lomba sampan bidar di Desa Merapi tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, tetapi juga menjadi momen yang mempererat kebersamaan dan kebanggaan akan tradisi lokal di tengah tantangan alam yang dihadapi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS