Landak  

Ritual Adat Balala di Ngabang, Berikut Jadwal dan Aturannya

Rapat koordinasi menindaklanjuti hasil Musyawarah Adat Naik Dango di Toho tentang Ritual Adat Balala Senin, (20/05/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Polsek Ngabang. 

Landak (Suara Kalbar)- Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak akan laksanakan Ritual Balala Pantang Nagari 3 Kabupaten pada Tanggal 24 sampai 25 Mei 2024 setelah 1 bulan acara naik Dango Ke-XXXIX.

Pj Ketua DAD Kecamatan Ngabang Cahyatanus mengatakan dalam pelaksanaan Balala akan dilaksanakan kegiatan Ritual adat yang akan dilaksanakan di Tugu Pantu Seratus di Terminal Dara Itam Ngabang pada Hari Jumat Tanggal 24 Mei 2024 sekitar pukul 16.00 WIB.

Pada saat Balala masyarakat bisa keluar akan tetapi tidak diperkenankan kembali lagi dan bisa kembali pada saat Balala selesai. Meski begitu terdapat pengecualian yakni bagi TNI, Polri dan petugas kesehatan.

“Untuk kendaraan bisa melintas akan tetapi dilarang untuk berhenti dan membunyikan klakson. Untuk umat Muslim yang melaksanakan ibadah dapat beribadah dan mengecilkan volume pengeras suara,” jelas Cahyatanus, saat Rapat koordinasi menindak lanjuti hasil Musyawarah Adat Naik Dangodi Toho tentang Ritual Adat Balala Senin, (20/05/2024).

Mendukung kegiatan tersebut, Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, melalui Kapolsek Ngabang, AKP Prambudi, mengatakan bahwa selama pelaksanaan Balala, Polsek Ngabang akan melaksanakan Patroli secara skala prioritas.

“Kami akan melaksanakan Patroli dengan menggandeng TNI dan Instansi lainnya guna menciptakan situasi yang kondusif selama pelaksanaan ritual adat Balala ini, hingga acara tersebut dapat berjalan dengan sukses tanpa ada kejadian atau pun permasalahan yang terjadi, ” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS