Pontianak Dominasi Jumlah Jamaah Haji se-Kalbar

Pj Wali Kota Pontianak saat menghadiri kegiatan Manasik Haji di Aula Masjid Raya Mujahidin.SUARAKALBAR.CO.ID/Prokopim Pontianak. 

Pontianak (Suara Kalbar)- Dominasi jumlah se-Kalbar, jamaah haji Kota Pontianak mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar Kementerian Agama Kota Pontianak di Masjid Raya Mujahidin, Senin (6/5/2024).

Jamaah haji asal Kota Pontianak yang berjumlah 637 orang diketahui mendominasi dari jumlah keseluruhan 2.593 jamaah haji se-Kalbar. Adapun rincian jamaah dari Kota Pontianak, pria berjumlah 279 orang dan wanita 358 orang dan usia termuda 20 tahun dan tertua 86 tahun.

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengatakan pada musim haji 1445 Hijriyah atau 2024 Masehi ini terdapat penambahan kuota haji, sehingga kesempatan untuk menunaikan ibadah haji bisa lebih besar. Salah satu faktor pendukungnya karena pada tahun 2024 kondisi sudah normal.

“Tentu ini patut disyukuri bahwa sejak mendaftarkan diri hingga sampai kesempatan untuk berangkat haji masih diberikan kesempatan kesehatan dan kekuatan oleh Allah, SWT,” ujarnya usai membuka kegiatan Manasik Haji di Aula Masjid Raya Mujahidin.

Ani juga turut mendoakan para jamaah haji agar selama menjalankan ibadah haji senantiasa dalam keadaan sehat walafiat dan dapat mengikuti semua rangkaian ibadah haji sehingga menjadi haji yang mabrur.

Kepada para jamaah haji yang berstatus PNS, Ani Sofian mengingatkan untuk mengurus cuti di instansi masing-masing. Hal ini untuk menghindari jamaah haji yang masih aktif sebagai PNS terkena sanksi hukuman disiplin.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pontianak Mi’rad menuturkan digelarnya manasik haji untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang manasik haji, baik teori maupun praktek sehingga jamaah haji siap melaksanakan ibadah haji pada tahun ini. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 6 hingga 7 Mei 2024.

“Sebelumnya seluruh jamaah calon haji telah melaksanakan rangkaian manasik haji di tingkat kecamatan selama delapan kali pertemuan,” terangnya.

Jamaah haji termuda perempuan atas nama Diva Maulidia Sakinah berusia 20 tahun. Sedangkan jamaah termuda laki-laki bernama Muhammad Ilham Halidi berusia 23 tahun. Sedangkan, jamaah haji tertua laki-laki asal Pontianak bernama Suwandi Edi Sutanto berusia 86 tahun, dan perempuan bernama Syarifah Khadijah berusia 85 tahun.

Kepala Kemenag Provinsi Kalbar Muhajirin Yanis menerangkan untuk jumlah jamaah haji di Provinsi Kalbar tahun 2024 total sebanyak 2.593 orang.

Selain bimbingan manasik ibadah, jamaah haji juga diberikan tentang manasik kesehatan karena jamaah haji juga perlu mendapatkan edukasi kembali terkait dengan kesehatan ini. Terlebih cukup banyak jamaah haji yang masuk kategori lansia.

Menurutnya, tahun ini Kalbar mendapat tambahan kuota haji. Jika dibandingkan tahun 2023, sebanyak 2.519, tahun ini mendapat kuota tambahan sebanyak 74 sehingga jumlahnya meningkat menjadi 2.593. Kuota tambahan ini karena efek dari adanya penambahan kuota yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi, kemudian dibagi oleh Menteri Agama secara proporsional.

“Kita harapkan kuota haji ini terus bertambah setiap tahunnya,” harapnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS