Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Generasi Muda Kapuas Hulu Meningkat, Polisi Gencarkan Sosialisasi

Kepala Satuan Narkoba Polres Kapuas Hulu Iptu Jamali. (ANTARA)

Kapuas Hulu (Suara Kalbar)- Kepala Satuan Narkoba Kepolisian Resor Kapuas Hulu, Iptu Jamali, mengungkapkan bahwa penggunaan narkoba di Kapuas Hulu didominasi oleh kalangan generasi muda. Dari Januari hingga Mei 2023, sudah terdapat 15 tersangka muda yang terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

“Para tersangka rata-rata mengaku hanya coba-coba yang akhirnya ketagihan serta faktor pergaulan yang salah,” katanya melansir dari ANTARA, Selasa(14/5/2024).

Pihak kepolisian terus melakukan penyelidikan dan penindakan terhadap pengedar, pengguna, dan kurir yang terlibat dalam peredaran gelap narkoba. Selain itu, Satuan Narkoba Polres Kapuas Hulu juga aktif melakukan sosialisasi mengenai dampak dan bahaya penyalahgunaan narkoba dengan fokus pada generasi muda.

“Sosialisasi terus kami lakukan terutama di kalangan remaja atau pemuda agar mereka terhindar dari pergaulan negatif yang menjerumuskan dalam penyalahgunaan narkoba,” kata Jamali.

Menurutnya, peran orang tua dan lingkungan masyarakat juga sangat penting dalam mengawasi pergaulan anak serta peran serta untuk melakukan upaya pencegahan serta memberantas peredaran narkoba.

“Kami juga sangat berharap agar masyarakat proaktif menginformasikan apabila mengetahui adanya penyalahgunaan narkoba,” ucapnya.

Jamali mengaku saat ini peredaran narkoba sudah merambah ke sejumlah kecamatan dan desa yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Dampak negatif penggunaan teknologi informasi menjadi salah satu faktor banyaknya anak muda yang terlibat dalam kasus narkoba.

Oleh sebab itu, Jamali mengimbau kepada semua pihak untuk selalu komitmen dalam mencegah dan memberantas peredaran narkoba di Kapuas Hulu.

“Perlu kita waspadai bersama untuk menyelamatkan generasi muda agar tidak masuk dalam lingkaran penyalahgunaan narkoba,” pinta Jamali.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS