Pelepasan 110 Calon Jamaah Haji Sanggau Menuju Tanah Suci

110 CJH Sanggau di Berangkatkan.[SUARAKALBAR.CO.ID/Darmansyah D]

Sanggau (Suara Kalbar) – Asisten III Setda Sanggau, H Burhanuddin mewakili Pejabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman melepas keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Sanggau di halaman Kantor Bupati Sanggau, Selasa (28/05/2024).

“Pada hari ini kita hadir dan berkumpul ditempat ini dalam rangka mengantar keberangkatan saudara-saudara kita yang akan menunaikan ibadah haji dan untuk mendo’a kan agar mereka yang melaksanakan haji tahun ini mendapatkan perlindungan, kemudahan, kelancaran dan kesehatan,”ucap Burhanuddin.

Burhanuddin mengatakan selain mampu, pelaksanaan ibadah haji juga harus dengan kemampuan fisik yang prima maka berharap kepada calon jamaah haji Kabupaten Sanggau agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

“Pertama adalah menjaga dan memelihara kesehatan baik sekarang hingga kembalinya ke tanah air berkumpul bersama keluarga. Hal ini penting, sebab keadaan fisik akan sangat mempengaruhi kesempurnaan pelaksanaan ibadah haji,”ujarnya.

Dalam pelaksanaan Ibadah haji harus adanya kerjasama, kekompakan dan saling tolong menolong dengan sesama, sebab diantara jamaah mungkin ada yang mengalami kesulitan sehingga memerlukan pertolongan dan bantuan dari jamaah lainnya.

“CJH diharapkan menguasai dan memahami ilmu-ilmu manasik haji sehingga dalam pelaksanaannya nanti tidak mengalami kesulitan dan keraguan pada masing-masing calon jamaah haji. Walaupun diantara bapak/ibu ini ada yang mungkin telah menunaikan ibadah haji beberapa kali. Agar mampu menjadi landasan dan modal yang kuat guna memperoleh haji yang mabrur,”kata Burhanuddin.

Pada tahun ini Pemkab Sanggau menunjuk dan menugaskan satu orang petugas kesehatan pendamping haji Kabupaten Sanggau atas nama Suprihatin. Mudah-mudahan petugas kesehatan ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab, sehingga mampu memperkecil permasalahan terutama masalah kesehatan jamaah haji.

“Kepada calon jamaah haji, diharapkan untuk dapat memelihara sopan santun dan tata pergaulan lainnya. Baik terhadap sesama jamaah daerah maupun antar negara, karena bapak ibu sekalian merupakan cerminan bangsa Indonesia selama menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah maupun Madinah,”harapnya.

Pemkab Sanggau dan seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau mengucapkan selamat jalan dan semoga menjadi haji yang mabrur, mabrur dalam perkataan dan perbuatan yang selanjutnya dapat diaplikasikan dalam perbuatan serta pergaulan sehari-hari.
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sanggau, H Anuar Akhmad menyampaikan bahwa jumlah total CJH Kabupaten Sanggau sebanyak 113 orang.

“Dari jumlah tersebut, yang berangkat hari ini dari Sanggau 110 orang. Ada 2 orang dimutasi, satu ke Singkawang serta satunya ke Sekadau dan satu orang tidak berangkat karena sakit,”terang Anuar Akhmad.

Dari kesemuanya itu, laki-laki berjumlah 54 orang dan perempuan 56 orang. Kemudian CJH tertua bernama Kusma (80) dari Kecamatan Parindu, dan termuda bernama Akmal Sulthan Muhammad (22) dari Kecamatan Kapuas.

“Pada hari ini CJH berangkat ke Pontianak dan besoknya berangkat ke Embarkasi Batam. Kabupaten Sanggau tergabung dalam kloter 18 yang terdiri dari 4 Kabupaten yaitu Sanggau. Sekadau, Sintang dan Kubu Raya dengan jumlah CJH 442 orang yang akan diberangkatan dari Batam pada Kamis (30/05/2024) menuju Jedah Arab Saudi,”tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS