Naik Dango di Monterado Bengkayang, Pelestarian Budaya Adat

Panitia Naik Dango Ke-1 tahun 2024 melaksanakan rapat akhir di Kantor Desa Monterado. [SUARAKALBAR.CO.ID/Kurnadi]

Bengkayang (Suara Kalbar) – Pada tahun 2024, Kecamatan Monterado menggelar acara Naik Dango Pertama kali, dimana sebelumnya pelaksanaan Naik Dango digelar bersamaan di rumah Betang atau Panjang Samalantan pada 14-20 Mei setiap tahunnya.

“Sesuai jadwal yang di sepakati Naik Dango Pertama Monterado akan dilaksanakan pada 21 Mei 2024 dimulai dengan ritual adat “Macah Baras dan akan dibuka oleh Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis pada 22 Mei 2024 pagi selanjutnya penutupan akan dilaksanakan pada 25 Mei 2024,”kata Kepala Desa Monterado, Samaani Minggu (19/5/2024) kepada Suarakalbar.co.id

Samaani memaparkan,” pada hari ini seluruh rangkaian persiapan kegiatan Naik Dango Pertama Monterado sudah rampung.

Naik Dango ini akan melakukan kegiatan utama yaitu Perlombaan Sumpit Suling, tari kreasi dan lomba nyanyi lagu daerah yang melibatkan anak-anak , pemuda-pemudi dan putra putri serta orang dewasa.

“Makna dari naik dango itu sendiri, yakni untuk memperingati budaya nenek moyang, dimana pada setiap bulan Mei itu bulan pelaksanaan ritual adat dan saat ini tentunya ritual adat itu tetap kita lanjutkan dan lestarikan,”ujarnya.

Naik Dango adalah wujud upacara syukur dan penerusan budaya yang telah diwariskan oleh leluhur dan nenek moyang kita, dimana ucapan syukur ini dilakukan khusus atas panen padi dan dipersembahkan kepada Tuhan atau Jubata.

Sebelumnya pelaksanaan upacara adat naik dango dilaksanakan bersama-sama di Kecamatan Samalantan, namun pada tahun 2024 ini Kecamatan Monterado menggagas acara naik dango ke-1 untuk pelaksanaannya dilaksanakan di rumah Betang Monterado sedangkan pelaksanaan naik dango ke-XXVIII Samalantan tetap di rumah Betang Samalantan.

“Karena persiapan hingga hari ini sudah hampir rampung 100 persen. Saya mengajak masyarakat kecamatan monterado dapat memeriahkan acara ini karena akan dibuka oleh Bupati Bengkayang,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS