KPU Sintang Ungkap Tidak Ada Calon Perseorangan dalam Pilkada Sintang

Wabup Sintang, Melkianus saat membuka simulasi pungut hitung surat suara pemilu 2024 oleh KPU Sintang di Gedung Pancasila, Selasa, (30/1/2024).SUARAKALBAR. CO.ID/Kominfo Sintang. 

Sintang (Suara Kalbar) – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang ungkap tidak ada paslon yang menyampaikan Syarat Dukungan Bakal Calon Perseorangan.

Dikutip dari rilis KPU Kabupaten Sintang pada Senin (13/5/2024). Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sintang telah menutup penyerahan dokumen syarat dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang tanggal 12 Mei 2024 pukul 23.59 WIB, yang dibuka sejak tanggal 8 Mei 2024 sesuai dengan program dan jadwal kegiatan yang berlaku.

“Tidak terdapat Bakal Pasangan Calon Perseorangan yang melakukan penyerahan dokumen syarat dukungan di kantor KPU Kabupaten Sintang. Sehingga Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang Tahun 2024 dinyatakan nihil, ” isi rilis tersebut, pada Senin (13/5/2024).

Sesuai Pasal 41 ayat (2) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

Menyatakan calon perseorangan dapat mendaftarkan diri sebagai calon Bupati dan calon Wakil Bupati serta calon Walikota dan calon Wakil Walikota jika memenuhi syarat dukungan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih dan termuat dalam daftar pemilih tetap di daerah bersangkutan pada Pemilihan Umum atau Pemilihan sebelumnya yang paling akhir di daerah bersangkutan.

Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sintang Nomor 1232 Tahun 2024 tentang Syarat Minimal dan Persebaran Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang Tahun 2024 bahwa Syarat Minimal dan Persebaran Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang Tahun 2024 sebanyak 27.106 (dua puluh tujuh ribu seratus enam) dukungan dan sebaran minimal sebanyak delapan kecamatan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS